English English Indonesian Indonesian
oleh

Kebijakan Menyakitkan bagi U-20 Indonesia

Menanggapi pembatalan drawing tersebut, Presiden Joko Widodo kemudian mengutus Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino guna mencari jalan tengah terkait polemik penolakan kedatangan Timnas Israel.

Akan tetapi, FIFA tetap pada pendiriannya untuk membatalkan drawing dan bahkan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA akhirnya membuat keputusan bulat untuk membatalkan status tuan rumah Indonesia pada Rabu malam (29/ pukul 22.00 WIB.

Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, FIFA memutuskan, karena kondisi terkini, untuk mengeluarkan Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia 2023 FIFA U-20. Tuan rumah baru akan segera diumumkan secepatnya, dengan tanggal pertandingan yang telah ditetapkan tak berubah. Sanksi potensial terhadap PSSI akan diputuskan ke depan.

FIFA hanya memberi hukuman kepada Indonesia, dengan menyetop mendapat aliran dana untuk pengembangan sepakbola dalam program FIFA Forward 3.0. Mengenai tim nasional, Indonesia masih bisa berpatisipasi di turnamen yang berada dalam kalender FIFA. (*)

Riza Tharizzah Maldhani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang sedang magang di FAJAR. Tulisan ini untuk memenuhi tugas membuat “TAJUK”.

News Feed