English English Indonesian Indonesian
oleh

Membangun Literasi Digital yang Unggul

Untuk mengatasi tantangan ini, perlu adanya upaya yang lebih besar dari semua pihak, seperti pemerintah, perusahaan, dan organisasi swasta. Pertama, pemerintah dapat memperluas akses ke teknologi digital dan meluncurkan program pelatihan literasi digital yang lebih intensif di daerah-daerah terpencil dan miskin.

Kedua, perusahaan dan organisasi swasta dapat mengambil peran dalam memberikan pelatihan literasi digital secara massal kepada masyarakat, terutama di daerah-daerah yang masih kurang terjangkau.

Ketiga, sekolah dan perguruan tinggi dapat memberikan pelajaran yang lebih fokus tentang teknologi digital, termasuk penggunaan internet, aplikasi, dan keamanan siber, untuk membantu meningkatkan tingkat literasi digital masyarakat.

Dengan adanya upaya ini, diharapkan literasi digital di Indonesia terus meningkat dan kesenjangan digital dapat diminimalkan. Ini akan membantu Indonesia untuk tetap kompetitif di era digital saat ini dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. (*)

Andi Muhammad Aqshal
Penulis adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang magang di FAJAR. Tulisan ini untuk memenuhi tugas membuat “TAJUK atau EDITORIAL”.

News Feed