English English Indonesian Indonesian
oleh

Membangun Literasi Digital yang Unggul

DUNIA dalam perkembangan masif teknologi. Digitalisasi adalah keniscayaan.

Literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk mengakses, memahami, mengevaluasi, dan menggunakan teknologi digital dan informasi yang tersedia di dalamnya. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam tingkat literasi digital.
Menurut sebuah studi terbaru, sekitar 60 persen dari populasi Indonesia memiliki kemampuan literasi digital yang baik dan terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi digital.

Hal ini terlihat dari laporan hasil pengukuran indeks literasi digital Indonesia tahun 2022 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), Rabu (1/2/2023).

Menurut laporan tersebut, indeks literasi digital Indonesia pada 2022 berada di level 3,54 poin dari skala 1-5. Ini artinya, secara umum tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada di level “sedang”. Indeks tersebut naik 0,05 poin dibanding 2021 yang masih berada di level 3,49. Bahkan jika dibandingkan pada 2020, angkanya naik 0,08 poin.

Tingginya tingkat literasi digital memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia, seperti kemampuan untuk mencari informasi dan berkomunikasi dengan mudah menggunakan teknologi digital. Hal ini juga memberikan peluang besar bagi bisnis dan industri digital di Indonesia, yang makin berkembang dengan pesat.

Akan tetapi, di era ini dalam membangun literasi digital yang unggul terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah kesenjangan digital. Sebagian besar orang yang memiliki tingkat literasi digital yang rendah tinggal di daerah terpencil atau miskin, dan tidak memiliki akses yang memadai ke teknologi digital.

News Feed