English English Indonesian Indonesian
oleh

Berkah Ekonomi Ramadan

Di antaranya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam pelaksanaan keagamaan masyarakat kebanyakan, maka selanjutnya mendorong timbulnya berbagai aktivitas produksi, perdagangan, dan transaksi keuangan yang semakin tinggi dan banyak.

Ini dimungkinkan diantaranya karena meningkatnya mobilitas penduduk lintas wilayah. Apalagi masyarakat mendapat tambahan daya beli selama Ramadhan dan Lebaran karena adanya tunjangan hari raya. Selain itu didorong oleh sejumlah perusahaanyang mulai menyesuaikan pendapatan karyawannya pada bulan Maret dan April.

Jadi momennya berbarengan terjadi mendorong daya beli masyarakat kebanyakan meningkat.
Sehingga secara umum dapat dianggap bahwa Ramadhan nembawa berkah bagi perekonomian masyarakat dan di suatu wilayah masing-masing, baik secara sendiri maupun secara bersamaan akibat interkoneksi hubungan ekonomi dan bisnis yang terjadi.

Aktivitas-aktivitas ekonomi yang timbul tersebut terdiri dari berbagai kelas atau lapisan masyarakat sebab transaksi berbagai sektor barang dan jasa, mulai dari usaha-usaha rakyat kecil sebagai usaha mikro informal rumahan, usaha kecil, dan menengah hingga usaha besar formal.

Mulai transaksi bahan pangan, pakaian, kebutuhan rumah tangga tahan lama, kendaraan, maupun kebutuhan akomodasi dan trasnportasi.
Semuanya bergerak maju dan seiring, sehingga memberi dampak multiplier yang cukup signifikan terhadap perkembangan beberapa indikator perekonomian dengan tren membaik.

Pertumbuhan ekonomi dalam periode Ramadhan hingga Hari Raya Iedul Fitri diperkirakan akan meningkat, jumlah pengangguran dan kemiskinan akan tertekan, mungkin kecuali inflasi yang dikhawatirkan akan meningkat, sebagai akibat dorongan permintaan (demand pull inflation), atau karena keterbatasan penawaran akibat biaya produksi meningkat (Cost push inflation), maupun karena pengaruh inflasi impor dari barang dan jasa yg dibutuhkan (Import inflation), termasuk inflasi karena adanya kondisi wilayah yang tidak mudah terjangkau untuk penyaluran barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat (Structural inflation).

News Feed