English English Indonesian Indonesian
oleh

Hakikat dan Falsafah KKN Kebangsaan

Tujuan pelaksanaan KKN Kebangsaan ini selaras dengan Sistem MBKM yang sudah digerakkan tahun sebelumnya oleh karena itu KKN Kebangsaan mempunyai tujuan untuk meningkatkan semangat NASIONALISME dan rasa persaudaraan mahasiswa se Indonesia sekaligus Mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Hal ini pun dapat meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional serta Menanamkan jiwa dan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, etos kerja dan tanggung jawab.

Melalui kegiatan model KKN ini perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan lulusan dan sumberdaya manusia di tengah masyarakat yang mempunyai empati dan peduli terhadap permasalahan di masyarakat serta memiliki kecakapan kepemimpinan yang unggul. Pada tahun 2022 ini, KKN Kebangsaan dilaksanakan di Bumi Tambun Bungai bersama Universitas Palangka Raya. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022 yang akan diselenggarakan Universitas Palangkaraya bersama 87 perguruan tinggi dari berbagai wilayah di Indonesia.

Ia mengatakan, KKN Kebangsaan 2022 akan akan dikolaborasikan dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. “Terlebih, KKN Kebangsaan 2022 akan mengusung tema tentang Food Estate menuju Kedaulatan Pangan Nasional, yang salah satu proyeknya akan dikembangkan di Kalimantan Tengah. Melalui KKN Kebangsaan 2022, ia berharap mahasiswa bisa memberikan sumbangsih terhadap pengembangan food estate (lumbung pangan) yang saat ini sedang dikerjakan pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi Kalimantan Tengah.

News Feed