English English Indonesian Indonesian
oleh

Konsep KKN Kebangsaan Dimatangkan, Perkokoh Semangat Nasionalisme

MAKASSAR, FAJAR-Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan. Konsepnya pun makin dimatangkan.

Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kiki Yuliati mengatakan, KKN Kebangsaan merupakan kegiatan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang dilaksanakan setiap tahun dengan menugaskan salah satu perguruan tinggi sebagai pelaksananya.

“Program ini merefleksikan pengetahuan teori yang disinergikan dengan pengalaman di lapangan yang mampu mematangkan kepribadian mahasiswa dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan,” tulisnya dalam kata pengantar pedoman umum KKN Kebangsaan.

Inisiator KKN Kebangsaan dari Unhas, Dr Hasrullah juga pun diminta untuk memaparkan lebih jauh KKN Kebangsaan ini. Pelaksanaanya pada Rabu s.d. Kamis, 25-26 Mei 2022 bertempat di Universitas Djuanda.

Menurut Hasrullah, kegiatan KKN Kebangsaan diarahkan kepada empat sasaran, yaitu perwakilan mahasiswa, perguruan tinggi yang melaksanakan KKN secara regular, masyarakat, dan pemerintah daerah.

KKN Kebangsaan adalah program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yang melibatkan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di tanah air, bahkan pernah juga diikuti beberapa perguruan tinggi dari negara sahabat yang berminat.

KKN Kebangsaan ini ada sejak tahun 2013. Saat itu, Hasrullah masih menjabat Kepala UPT KKN Unhas. KKN ini pun menarik dan diikuti secara nasional. Pada 17 Juli 2022, KKN ini dihelat dengan tuan rumah Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah. KKN ini akan berjalan selama sebulan.

News Feed