English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Siap Bermitra dengan MTCRC Korea

FAJAR,MAKASSAR–Tim Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC) Korea bertemu dengan Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc di Ruangan Rektor, Gedung Rektorat Unhas pada Rabu, 15 Juni 2022

Pertemuan tersebut adalah salah satu upaya kerja sama Indonesia dan Korea dalam Bidang Kemaritiman.
Pertemuan itu dipimpin oleh Hansan Park selaku Direktur, turut serta rombongan MTCRC yang hadir yakni Mr. Shin Suk Kyung (Project Supervisor dari KOHA, Korea Selatan), Dr. Choi Jong Kook (Project Manager dari KIOST), Ivonne Milichristi Radjawane, dan Safri Burhanuddin (Ketua Dewan Penasehat MTCRC).

Perlu diketahui bahwa MTCRC menjadi pusat penelitian bersama antara pemerintah Korea dan Indonesia dalam bidang teknologi kelautan dengan beberapa aktivitas utama yakni sebagai platform kemitraan berbagai lembaga institusi, penelitian bersama, dan peningkatan kapasitas.

Safri Burhanuddin selaku Dewan Penasehat MTCRC menjelaskan bahwa maksud kunjungan tim MTCRC ke Unhas adalah menjajaki kerja sama program Korea-Indonesia MTCRC, dengan isu utama perikanan kelautan. Bentuk kerja sama tersebut bisa dilakukan melalui pelatihan kepada para mahasiswa dalam penggunaan alat oseanografi (alat kelautan)

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ini adalah semacam bentuk keseriusan dari kolaborasi tersebut, bisa dilakukan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak dalam hal ini Indonesia dan Korea. Program MTCRC ini juga melibatkan mitra perguruan tinggi seperti ITB. Sementara di luar Pulau Jawa sendiri barulah Unhas yang nantinyaakan terlibat.

News Feed