English English Indonesian Indonesian
oleh

Ada Kesejahteraan di Balik Industri dan Lingkungan yang Akur

Serumpun Padi Membawa Harapan

Sambil memulihkan lingkungan, PT Vale Indonesia, juga melakukan banyak upaya untuk memastikan warga di sekitar pabrik bisa sejahtera dan mampu memenuhi kebutuhan dapurnya. Para pemimpin di balik tumbuhnya kinerja perusahaan, juga mau para warga Lutim bisa berdaya ekonomi.

Namun bila bantuannya langsung uang, efeknya hanya sesaat. Itulah yang membuat perseroan memilih memberi bantuan pemberdayaan pertanian. Program unggulannya, pertanian organik. Namanya, padi System of Rice Intensification (SRI) organik.

Program ini sukses diterapkan di Blok Sorowako, Provinsi Sulawesi Selatan. Salah satunya berlokasi di Mahalona Raya, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur. Ada 20 hektare lahan yang menerapkan sistem penanaman organik. Itu tersebar di empat desa  di Mahalona Raya.

Petani setempat sudah panen sebanyak 12 kali. Satu hektare lahan mampu menghasilkan 7,8 ton gabah. Pertanian organik ini sangat membantu petani meningkatkan kesejahteraannya.

“PT Vale konsisten membina dan mendampingi petani di area pemberdayaan,” ujar Senior Manager Social Development Program (SDP) PT Vale Indonesia, Tbk, Ardian Indra Putra beberapa waktu lalu.

Sistem pertanian ini membantu menjaga kualitas tanah. Petani juga menghemat biaya operasional. Sebab tak lagi menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Manajemen PT Vale ingin pertambangan selalu menjaga keberlanjutan alam.

“Makanya, di balik operasional yang ekstraktif, kami terus mempromosikan praktik budi daya pertanian ekologis terpadu melalui metode SRI Organik,” tambahnya.

News Feed