English English Indonesian Indonesian
oleh

Manfaat dan Dampak Negatif Nikel yang Jarang Diketahui

FAJAR, MAKASSAR-Seperti kita ketahui pada zaman dahulu logam sudah digunakan untuk membuat berbagai macam peralatan. Peralatan yang dibuat dengan bahan logam pun lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan peralatan yang sebelumnya dibuat dengan bahan kayu.

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa logam menjadi salah satu wujud perkembangan teknologi canggih yang dibuat oleh manusia, salah satu bahan logam yang sering digunakan untuk membuat berbagai peralatan adalah nikel.

Dibandingkan jenis logam lainnya nikel dikenal lebih elastis, dengan begitu nikel akan lebih mudah dibentuk menjadi berbagai macam bentuk. Meskipun lentur nikel tetap memiliki sifat kokoh dan kuat, tidak heran jika terdapat banyak manfaat nikel yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini nikel menjadi bahan logam yang banyak digunakan dalam pembuatan berbagai produk industri, mulai dari industri otomotif, elektronik hingga digunakan di bidang militer, ruang angkasa dan kelautan. Berbagai produk yang menggunakan bahan nikel tentu memiliki keunggulan karena merupakan bahan logam yang tahan korosi sehingga dapat mencegah proses pembentukan lapisan permukaan akibat kontak dengan udara.

Selain itu nikel juga mempunyai kemampuan penghantar panas dan listrik yang baik tidak jarang nikel digabungkan dengan beberapa bahan atau elemen lain untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan keunggulan. Berikut beberapa manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu ketahui.

Otomotif

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari yang pertama yaitu digunakan di bidang otomotif nikel digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kendaraan ini biasanya berupa baja tahan karat. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan nikel karena memiliki daya tahan yang kuat serta tidak mudah terkena korosi. Selain itu baja yang mengandung nikel juga dapat menyerap energi dari berbagai benturan. Selain digunakan sebagai bahan pembuat kendaraan, nikel juga digunakan sebagai bahan pelapis mobil dan kandungan nikel ini juga bisa digunakan untuk membuat baterai mobil listrik berkekuatan tinggi juga bisa dipadukan dengan busa untuk menghasilkan kemampuan mengurangi karbon monoksida yang buruk bagi lingkungan.

Arsitektur dan Konstruksi

Manfaat nikel berikutnya yaitu berkaitan dengan bidang arsitektur dan konstruksi. Bahan logam yang telah digunakan sejak lama untuk membuat suatu bangunan dengan daya tahan lama, hal ini dapat dilihat dari bangunan empires building yang telah bertahan lebih dari 50 tahun. Baja tahan karat yang mengandung nikel memang memiliki peran penting di bidang konstruksi, sifatnya yang tahan panas membuat berbagai bangunan yang menggunakan baja tahan karat ini tidak mudah terbakar begitu juga dengan sifat anti korosi yang dimiliki nikel membuat bangunan tahan lama dan tidak mudah runtuh.

Militer, Ruang Angkasa, dan Kelautan

Bidang militer, ruang angkasa dan kelautan juga mendapatkan manfaat dari bahan logam nikel yang sering digunakan untuk memproduksi senjata serta menjadi bahan tambahan untuk membuat baju besi juga digunakan untuk membuat plat baja yang kokoh dan kuat untuk tujuan perang atau kegiatan militer lainnya. Selain itu nikel juga digunakan dalam industri dirgantara untuk melindungi seluruh pesawat luar angkasa dari panas matahari, di samping itu nikel juga digunakan untuk membuat kendaraan laut yang dapat melintasi laut lepas dengan kokoh dan kuat.

Peralatan Elektronik

Penerapan nikel dalam elektronik sangat bervariasi dari nanoteknologi hingga komponen elektronik raksasa. Komponen nikel ini pun dapat ditemui di beberapa bagian pada smartphone atau gadget. Dengan demikian nikel menjadi salah satu logam esensial dalam industri elektronik. Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari juga sering digunakan untuk membuat koin atau mata uang. Seperti di Indonesia nikel sudah digunakan sebagai bahan pembuat mata uang koin sejak tahun 1950 bahkan nikel masih digunakan hingga saat ini seperti dalam mata uang logam 1.000 yang terbaru.

Itu tadi manfaat nikel dalam kehidupan manusia sehari-hari dan seperti kita ketahui negara Indonesia menjadi salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia. Karena kandungan mineral logam yang luar biasa di tanah kita semoga di masa mendatang anugerah sumber daya alam nikel yang melimpah di Indonesia ini bisa membuat negara kita semakin maju dan berdaulat juga bermanfaat untuk anak cucu kita.

Ya apalagi tren kendaraan mobil listrik di masa depan akan menggeser kendaraan dengan bahan bakar fosil. Kebutuhan akan nikel untuk produksi baterai kendaraan listrik pastinya akan meningkat pesat seiring dengan hal tersebut.

Baiklah, pertanyaannya, sudah siapkah kita mengelola sumber daya alam dengan baik dan benar atau akan kembali terus dikuasai oleh kekuatan asing? kita lihat saja nanti yah.

Dari tadi ngomongin manfaatnya terus nih. Hummm apakah nilek punya dampak buat kesehatan dan lingkungan nggak sih?

Ternyata nikel punya dampak bagi kesehatan, yakni dermatitis kontak, sakit kepala, mual, muntah dan gangguan pernafasan juga memicu perubahan epigenetik. Nikel juga memicu emisi gas rumah kaca, kerusakan habitat dan kontaminasi air, udara dan tanah. Ini perlu disikapi serius oleh pemerintah Indonesia agar limbah hasil produksi nikel nggak bikin lingkungan dan masyarakat jadi korban.

Masalahnya sampai 2020 kemarin perusahaan pengolahan nikel di Indonesia ternyata baru punya satu solusi soal pengelolaan limbah nikel yaitu membuang limbah ke laut. Wah ayo cari-cari yang lebih baik buat lingkungan dan masa depan dong!

Penulis: Nur Alief Rizkiyah. A
Mahasiswa FTI-UMI Makassar

News Feed