English English Indonesian Indonesian
oleh

LAZ Hadji Kalla Penuhi Kebutuhan Dai hingga Pelosok Desa

FAJAR, MAKASSAR-LAZ Hadji Kalla melalui Bidang Islamic Care menghadirkan program “Tebar Dai DBS”. Ini untuk misi membawa pencerahan keagamaan ke pelosok desa. Program ini dirancang untuk menjangkau Desa Bangkit Sejahtera (DBS) di 17 desa yang tersebar di 4 provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara, yang berlangsung sejak Maret hingga November 2024.

Berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, kali ini LAZ Hadji Kalla memilih untuk mengutus dai lokal yang berasal dari wilayah sekitar desa binaan, bukan lagi dai muda yang biasanya dikirimkan langsung oleh lembaga.

Proses pemilihan melalui beberapa tahapan seleksi dengan kriteria tertentu, dimulai dari seleksi berkas dan kemampuan berbahasa lokal yang dilakukan oleh fasilitator di desa binaan yang telah lama bertugas dan mengenal baik kondisi serta kebutuhan spiritual masyarakat setempat.

Kemudian dilanjutkan dengan seleksi dan tes dari tim LAZ Hadji Kalla, antara lain tes kemampuan berdakwah yang terdiri dari retorika dakwah, pemilihan, dan penguasaan materi dakwah, tes kemampuan mengajar/membina yang terdiri dari micro teaching, penguasaan ilmu tajwid dasar, serta tes kemampuan membaca Al-Qur’an yang terdiri dari kelancaran hafalan, makhraj, tajwid, dan irama bacaan.

Tim LAZ Hadji Kalla memastikan dai terbaik yang akan bertugas menyebarkan cahaya Islam di desa binaan, sehingga dakwah yang disampaikan dapat lebih mudah diterima, meminimalisir kendala bahasa dan adaptasi dengan budaya lokal, sehingga pesan keagamaan dapat tersampaikan dengan lebih efektif dan menyentuh hati masyarakat.

News Feed