English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Kukuhkan Tiga Guru Besar Baru dari FIKP, Ini Gagasannya

“Penelitian yang dilakukan sangat menarik dan berdampak besar untuk pengembangan bidang keilmuan masing-masing. Kita berharap para guru besar tetap aktif dan produktif memberikan kontribusi dan keterlibatannya melalui aktivitas tridharma. Mendorong kualitas lulusan yang berdaya saing tinggi,” jelas Prof JJ.

Sebelumnya, masing-masing guru besar telah menyampaikan pidato penerimaan, yang membahas bidang keahlian.

Prof Rahmadi Tambaru

Mengawali pidato penerimaan, Prof Rahmadi memberikan penjelasan terkait hasil penelitian tentang “Peran dan Kualitas Fitoplankton di Wilayah Pesisir serta Implikasinya terhadap Perubahan Iklim dan Keamanan Pangan”.  Dirinya menjelaskan, wilayah pesisir merupakan perairan dengan beragam ekosistem dan sumberdaya hayati yang bernilai ekonomi. Namun, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya kegiatan pembangunan dapat memberikan dampak negatif berupa peningkatan tekanan ekologis dan terjadi perubahan iklim.

Sementara itu, Fitoplankton merupakan salah satu sumberdaya pesisir yang merasakan dampak dari tekanan antropogenik dan perubahan iklim. Dalam mempertahankan komunitasnya, organisme ini senantiasa melakukan penyesuaian terhadap perubahan lingkungan. Perubahan iklim global mengacu pada perubahan suhu rata-rata bumi dan pola cuaca serta iklim secara keseluruhan yang terjadi sebagai hasil dari aktivitas manusia, terutama pelepasan gas rumah kaca. 

Perubahan iklim global memiliki dampak signifikan dan merusak lingkungan, ekonomi, kesehatan manusia dan kehidupan hewan. Fitoplankton berperan dalam siklus karbon global karena menyerap karbon dioksida dari atmosfer selama proses fotosintesis berlangsung. Undang-undang nomor 18 Tahun 2012 tentang Keamanan Pangan menjelaskan kualitas perairan pesisir termasuk kualitas fitoplankton harus terjaga agar pangan tetap tersedia dan aman untuk dikonsumsi.

News Feed