English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unhas Berangkatkan Tim Tanggap Darurat Peduli Bencana Sulsel ke Luwu

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan memberangkatkan tim tanggap darurat ke Kabupaten Luwu, Senin 6 Mei 2024 pukul 07.00 Wita.

Tim yang dipimpin Kepala Pusat Studi Kebencanaan Unhas ini dilepas langsung oleh Rektor Unhas, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc di pelataran Gedung Rektorat.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K), dan Direktur Kemahasiswaan Abdullah Sanusi PhD.

Pada kesempatan tersebut, Prof JJ menyampaikan bahwa tim tanggap darurat Unhas yang akan bertugas hingga 11 Mei ini merupakan bentuk kepedulian Unhas terhadap bencana alam yang terjadi di Sulsel.

Adapun tim yang berangkat sebanyak 16 orang yang terdiri dari UKM SAR Unhas sebanyak 5 anggota, Siaga Ners 2 anggota, KSR PMI 2 anggota, Resimen Mahasiswa 2 anggota, Residen Bedah Mulut 2 orang dan Fisioterapi 3 orang.

Selain itu, Tim Unhas juga membawa perahu karet untuk membantu evakuasi warga serta sejumlah bantuan seperti air minum, makanan instant, susu bayi perlengkapan medis dan kebutuhan darurat lainnya.

“Tim akan dikirim secara bergelombang sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan berdasarkan kondisi lapangan. Selamat bertugas untuk tim Unhas,” ujar Rektor.

Setibanya di lokasi, tim Unhas akan berposko di Belopa dan Suli. Tim akan memberikan bantuan evakuasi, observasi penyebab banjir dan penanganan banjir serta tanah longsor, dan melihat kebutuhan mendesak para masyarakat yang terdampak bencana.

Unhas Himpun Donasi untuk Bencana Sulsel

Selain memberangkatkan tim tanggap darurat, Unhas juga menghimpun donasi untuk membantu meringankan dampak bencana di sejumlah wilayah di Sulsel.

Bantuan dapat berupa makanan, minuman, pakaian, perlengkapan wanita, kebutuhan bayi serta sarung dan selimut. Adapun bantuan bisa disalurkan ke nomor VA 9889900718100001 (Peduli Luwu). (*/)

News Feed