English English Indonesian Indonesian
oleh

Rem dan Gas Kehidupan

Nafsu amarah yang tidak terkendali akibatnya tawuran antar kampung, geng motor, begal sampai pembunuhan terjadi setiap hari. Bahkan dalam tingkat yang lebih luas mengakibatkan perang antar negara sejak zaman dahulu kala. Nafsu serakah yang dipelihara akibatnya penipuan, penindasan dan cara-cara licik dan manipulatif dilakukan khususnya di bidang bisnis dan politik.

Kehidupan sosial menjadi kacau balau karena nafsu yang tidak terkendali. Kehidupan pribadi dan keluarga pun menjadi kacau jika nafsu syahwat, amarah dan serakah tidak terkendali. Mengapa banyak suami istri yang bercerai? Karena nafsu syahwat yang tidak terkendali sehingga terjadi perselingkuhan dan perzinahan.

Mengapa KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) banyak terjadi? karena nafsu amarah tidak terkendali, hanya karena hal yang sepele memancing kekerasan terjadi. Mengapa ekonomi rumah tangga kacau balau? Karena nafsu serakah yang tidak terkendali, tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tergoda oleh iklan dan gengsi meskipun harus terbebani cicilan yang tinggi.

Bagaimana mencegah dan mengatasi itu semua? Perlu pengendalian diri. Menahan nafsu syahwat dan menyalurkannya hanya pada yang halal. Menahan amarah dengan berpikir sebelum bertindak. Menghancurkan keserakahan dengan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan serta peduli pada orang lain. Sumber daya yang ada bukan untuk diri sendiri tapi untuk banyak orang. Peduli dengan berbagi.

Bulan Ramadhan yang didalamnya setiap orang yang beriman selama 1 bulan melakukan berbagai macam ibadah adalah latihan untuk mengendalikan diri. Nafsu syahwat terkendali dengan melarangnya pada yang halal dari fajar sampai magrib. Nafsu amarah terkendali karena puasa membuat orang tidak mudah marah karena tubuh kurang energi. Orang yang berpuasa dilarang marah karena akan menghapuskan pahala puasanya.

News Feed