English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemkot Makassar Bakal Pecahkan Rekor MURI Buka Puasa Terpanjang

FAJAR, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal memecahkan rekor MURI untuk kategori buka puasa terpanjang.

Rencananya, Pemkot akan menggelar karpet sepanjang 2,5 km di Anjungan Pantai Losari, pada buka puasa hari kedua Ramadan 1445 Hijriah, tepatnya pada 13 Maret mendatang.

Hal itu ditegaskan oleh Asisten I Pemkot Makassar, Andi Muhammad Yasir. Kata dia, buka puasa ini merupakan bagian dari menyambut Atase Agama dan Pendidikan Kedutaan Besar Saudi Arabia dan Yayasan i-Salam.

”Kami ini kan kebagian 10 ribu paket boks makanan dan sekitar satu ton kurma dari Kerajaan Arab Saudi. Makanya nanti kedutaan datang ke sini juga,” ujarnya kepada FAJAR, Senin, 11 Maret 2024.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada 10 ribu peserta juga yang akan hadir di sana. Mulai dari pejabat, OPD, tukang parkir, petugas kebersihan, anak yatim, anak stunting dan pendampingnya, juga berbagai elemen masyarakat lainnya.

”Jadi kami melibatkan semua pihak. Kami juga akan pastikan, di lokasi nanti mempertegas kekentalan budaya Islam di Makassar, sebagai perwajahan kepada Arab Saudi,” terangnya.

Direktur Aset Manajemen Yayasan I-Salam Sulsel, Riswan Ilyas mengatakan, Makassar merupakan salah satu dari dua kota di Indonesia yang mendapat jatah kerja sama dari Kerajaan Arab Saudi, selain Jakarta.

“Makassar kota kedua, yang pertama di Masjid Istiqlal Jakarta. Jadi di Indonesia cuma dua, Jakarta dan Makassar. Ini sebagai respresentasi KTI, karena Makassar memang gerbang Indonesia Timur,” terangnya.

Riswan yang juga Ketua Panitia pelaksana buka bersama ini menjelaskan, konsep pelaksanaannya nanti, peserta akan duduk di atas karper yang digelar sepanjang 2,5 km. Nantinya, karpet tersebut akan diberi plastik sebagai penghargaan budaya orang Arab.

News Feed