English English Indonesian Indonesian
oleh

Calon Presiden AS Donald Trump Dukung Israel dalam Perang di Gaza

FAJAR, WASHINGTON—Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump menyatakan dukungannya terhadap perang Israel di Gaza pada hari Selasa waktu setempat.

Itu ia sampaikan dalam komentarnya yang paling eksplisit mengenai pertempuran tersebut, seiring meningkatnya tekanan internasional terhadap Amerika Serikat untuk mengekang sekutunya.

“Ya,” jawab Trump, ketika ditanya dalam wawancara di Fox News apakah dia “berada di kubu Israel.”

Pewawancara kemudian bertanya apakah mantan presiden tersebut “setuju” dengan cara Israel melancarkan serangannya di Gaza.

“Anda harus menyelesaikan masalahnya,” jawab Trump seperti dikutip dari RTL Today.

Presiden Joe Biden, yang akan ditantang Trump untuk menduduki kursi Gedung Putih pada bulan November, mendapat kecaman baik dari dunia internasional maupun dari basis Demokratnya karena dukungannya terhadap Israel ketika jumlah korban tewas di Gaza melonjak dan momok kelaparan semakin membayangi.

Menurut jajak pendapat yang dikutip Jerussalem Post, 42% warga Amerika percaya Israel bertindak ‘terlalu jauh’ dalam menanggapi Gaza.

Serangan balasan Israel di Jalur Gaza telah menewaskan 30.534 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Gerakan protes AS mendesak para pemilih untuk menghukum Biden di tempat pemungutan suara atas dukungannya terhadap Israel. Lebih dari 100.000 orang di Michigan memilih “tidak berkomitmen” daripada memberikan suara mereka untuk Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di negara bagian AS pekan lalu.

News Feed