English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengelolaan Sampah Penentu Wajo-Palopo dalam Perburuan Adipura

Dari beberapa lokus, yang menjadi perhatian khusus adalah Pasar Mini Sengkang yang berlokasi di Jalan Sungai Siwa, Tokampu, Kelurahan Siengkang. Dalam waktu dekat, pembenahan menyeluruh dilakukan. Mulai dari penataan pedagang, sampai paling utama keberhasilan dalam dan luar pasar.

“Saluran-saluran air menuju ke pembuangan harus efektif berfungsi. Makanya segera kita melakukan rapat koordinasi bersama OPD lainnya,” tutur ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wajo, Muh Alamsyah, Minggu.

Pada 2024 ini, Wajo menargetkan meraih penghargaan Adipura kesepuluh kalinya. Pembenahan terus akan dilakukan menjelang kedatangan tim penilaian Adipura yang rentang waktunya pada Januari-Februari 2024.

Bupati Wajo Amran Mahmud menggelar rapat koordinasi dan evaluasi titik pantau penilaian Adipura. OPD terkait dalam lokus penilaian penghargaan Adipura dapat bekerja sama. Termasuk, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Wajo.

“Untuk Pasar Mini Sengkang kita bersihkan semuanya,” paparnya.

Amran pun juga akan turun langsung mengedukasi warga, utamanya di kelurahan-kelurahan untuk melakukan gerakan kebersihan di lingkungan masing masing. Begitu pula pihak sekolah juga ikut terlibat untuk membersihkan lingkungan.

“Kita juga kembali galakkan Jumat Bersih, di mana warga bersama pemerintah kelurahan gotong royong membersihkan,” ungkap Amran. (bso-man/zuk)

News Feed