English English Indonesian Indonesian
oleh

Rekrutmen Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada, Panwascam Pemilu Jadi Prioritas

FAJAR, MAKASSAR– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel membuka pendaftaran Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2024. Panwascam yang bertugas di pemilu 2024 diprioritaskan.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sulsel Samsuar Saleh mengungkapkan, rekrutmen panwascam untuk pemilihan 2024 dilakukan secara evaluasi existing. Artinya, panwascam pada pemilu 2024 tetap menjadi prioritas, namun dengan evaluasi kinerja.

“Jadi tahapan pertama menyeleksi dahulu existing yang bersyarat karena tidak semua yang bertugas ini masih mau bergabung atau tidak bersyarat lagi,” kata Samsuar.

Penetapan hasil existing 1-2 mei. Setelah itu baru dibuka untuk pendaftar baru di kecamatan-kecamatan. Pendaftaran di kecamatan dilakukan jika telah existing, namun ada yang tidak memenuhi syarat (TMS) lagi.

Adapun penilaiannya adalah kosioner portofolio dan evaluasi kinerja seluruh yang dilakukan pada masa Pemilu 2024.
“Misalnya di masa kampanye, jika mereka melakukan pencegahan maka ditunjukkan bukti surat dan foto-foto kegiatannya yang dinilai para komisioner kabupaten kota,” ungkap Samsuar.

Jadi kemungkinannya ada panwascam yang tetap diterima dan juga tidak. Tergantung evaluasi Bawaslu di masing-masing kabupaten kota.

“Karena kita mau yang bagus kinerjanya kita pertahankan dan yang tidak bersyarat lagi kita ganti,” jelasnya.

Bagi pendaftar baru, seleksi juga tetap dilakukan dengan proses CAT dan wawancara. Termasuk dengan tanggapan masyarakat.

Sementara yang lama tidak lagi melalui proses itu. Meski demikian mereka juga tetap harus mengisi formulir pendaftaran sebagai syarat.

News Feed