English English Indonesian Indonesian
oleh

iPad dan Baim Wong

PRODUK keluaran Apple memang selalu menjadi incaran. Harganya relatif mahal, namun diklaim setara dengan reputasi brand yang dimilikinya. Apple menempatkan diri sebagai produk kelas atas dibanding perusahaan-perusahaan kompetitornya.

Termasuk iPad, tablet dari Apple yang menunjang pekerjaan, sekaligus media hiburan dan hobi. Harganya, mulai Rp6 juta hingga Rp30 juta, bahkan lebih. Lalu di tangan Baim Wong, konten kreator sekaligus aktor Indonesia, harga iPad dibanderol hanya Rp1 juta.

Di video media sosialnya, Baim memperlihatkan iPad-iPad yang ingin dijualnya tersusun dalam kardus-kardus yang banyak. Sontak konten suami Paula Verhoeven yang menjual murah iPad, menjadi pro dan kontra. Semua orang dibikin kaget ada iPad “sangat murah”.

Asal iPad tersebut pun dipertanyakan, ada juga yang menduga itu adalah iPad refurbished. Bahkan, netizen tak segan mencolek akun Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, untuk memperjelas apakah iPad yang Baim jual ilegal atau resmi.

Menteri Keuangan bergerak cepat. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) ditunjuk untuk menelusuri fakta iPad yang dijual Baim itu.

Belakangan, Baim membuat video klarifikasi yang diunggah dalam akun Instagram resminya, pada 26 Desember 2023.

Pria 42 tahun itu membantah semua tuduhan miring. Ia mengklaim iPad yang dijualnya adalah resmi. Fakturnya ada. Ia bahkan belum menunjukkan jenis iPad yang akan dijualnya. Baru kardusnya saja sudah bikin heboh sejagat maya. Baim pun merasa bingung tujuannya ingin membantu, justru menemui kendala.

News Feed