English English Indonesian Indonesian
oleh

FT Unifa Turut Teken MoA dan IA Bersama 20 PTS, Ciptakan Kolaborasi Erat Menyongsong Pembangunan IKN

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Fajar (UNIFA) melalui Fakultas Teknik telah menandatangani nota kesepahaman (MoA) dan perjanjian implementasi (IA) dengan 20 perguruan tinggi swasta di Indonesia. Penandatanganan seremonial ini berlangsung di Tanri Abeng University pada tanggal 8 Desember 2023.

Dekan Fakultas Teknik UNIFA, Prof. Erniati menyatakan, kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan kolaborasi yang erat dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat antara perguruan tinggi dan dunia industri. “Kami berharap kerjasama ini dapat membawa dampak positif bagi kemajuan pendidikan tinggi,” ungkap Prof Erniati, Selasa, 19 Desember.

Implementasi pertama dari kerjasama ini adalah penyelenggaraan Seminar Nasional Teknik (SNARSTEK) 2023, Sabtu, 9 Desember 2023. Tanri Abeng University menjadi tuan rumah acara tersebut, yang dihadiri oleh berbagai keynote speaker dan 20 invite speaker. Sebanyak 160 makalah diterima dari berbagai perguruan tinggi yang terlibat dalam kerja sama, dengan setiap perguruan tinggi menugaskan maksimal 3 orang sebagai reviewer untuk mengevaluasi makalah-makalah tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa perwakilan dari UNIFA turut aktif terlibat, termasuk Prof Dr Ir Erniati ST MT IPM sebagai Invited Speaker, dan Dr Sinardi ST MSi, Dr Ir Humayatul Ummah Syarif ST MT, serta Fatmawaty Rachim ST MT sebagai reviewer dan presenter. Faris Jumawan ST MT, dosen dari Prodi Teknik Arsitektur, juga turut berperan sebagai presenter dan Wakil Dekan membantu Dekan FT dalam administrasi untuk menyukseskan acara MoA, IA, dan SNARSTEK di lingkup FT UNIFA.

Seminar ini mengangkat tema “Penguatan Teknologi Guna Menyongsong Pembangunan IKN untuk Indonesia Emas 2045,” sejalan dengan rencana pemindahan ibukota negara yang dianggap sebagai keniscayaan. Hal ini tentunya dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak, termasuk kalangan akademisi, dalam mendukung proses pemindahan ibukota.

SNARSTEK 2023 menjadi wadah dan forum ilmiah yang relevan dengan hasil kajian dan riset mengenai rekayasa keteknikan, sains, dan teknologi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkuat kontribusi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) melalui peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan kerjasama ini menjadi langkah awal menuju pemajuan pendidikan tinggi dan perkembangan teknologi yang lebih baik di Indonesia. (*/)

News Feed