English English Indonesian Indonesian
oleh

Supriadi Raih Gelar Doktor Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia di UNM, Predikat Sangat Memuaskan

FAJAR, MAKASSAR-Wakil Dekan I Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Supriadi, berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Senin (11/12/2023).

Supriadi berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasis Wacana Kritis untuk Menumbuhkan Karakter Nasionalisme Mahasiswa di Perguruan Tinggi” di hadapan para penguji. Sidang promosi doktor ini dipimpin oleh tim penguji yang terdiri dari Prof Jufri (Ketua/Promotor), Prof Sultan (Sekretaris/Kopromotor), Prof Johar Amir (Anggota/Penguji Internal), Prof Syukur Saud (Anggota/Penguji Internal), Prof Rapi Tang (Anggota/Penguji Internal), dan Dr Syafruddin (Anggota Penguji Internal).

Dalam proses sidang promosinya, Supriadi menjelaskan bahwa bahan ajar merupakan faktor penting dalam keefektifan pembelajaran. Kurangnya bahan ajar dapat memengaruhi kualitas pembelajaran dan perkuliahan. “Kebanyakan dosen yang mengajar hanya menyampaikan rencana pembelajaran semester (RPS) tanpa dilengkapi bahan ajar,” ujarnya.

Hasil penelitian Supriadi menunjukkan beberapa temuan. Pertama, prototipe bahan ajar menulis berbasis wacana kritis dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kedua, hasil validasi bahan ajar membuktikan kevalidan komponen bahan ajar tersebut. Ketiga, bahan ajar tersebut terbukti praktis. Keempat, bahan ajar tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis dan menumbuhkan karakter nasionalisme mahasiswa di Perguruan Tinggi.

Supriadi berhasil menjawab semua pertanyaan dan sanggahan dari dewan penguji dan dinyatakan lulus dengan IPK 3,95, dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

Promosi doktor ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UIM Al-Gazali, Badruddin Kaddas; Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali, Prof Hj A Majdah M. Zain; Asdir I Pascaserjana UIM Al-Gazali, Dr Helda Ibrahim; Asdir II Pascasarjana UIM Al-Gazali, Dr Hj Andi Herawati; Dekan Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra, Dr Mulyadi; Dekan Fakultas Teknik, Dr Saripuddin Muddin; Dekan Fakultas Agama Islam, Dr Hj Djaenab; serta para dosen dan staf lingkup FKIPS UIM Al-Gazali.

Prof Hj A Majdah M Zain, Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali, menyampaikan kebanggaannya atas capaian yang telah diraih oleh Supriadi. “Tentu ini menjadi kebahagian bagi kami, khususnya keluarga besar UIM Al-Gazali. Beliau telah menorehkan berbagai prestasi dan sekarang diamanahkan sebagai Dekan I FKIPS. Capaian ini merupakan bentuk dorongan bagi dosen lainnya untuk melanjutkan studi,” ujarnya. (*/)

News Feed