English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen FKM UMI Beri Edukasi Kesehatan Mental ke Siswa

FAJAR, PANGKEP-Salah satu masalah yang banyak anak sekolah adalah masih kurangnya stimulasi untuk peningkatan kemandirian siswa sekolah dasar khususnya di bidang kesehatan. Kurikulum yang tersedia belum mendorong secara optimal perilaku mandiri anak khususnya dalam berperilaku sehat.

Dosen FKM UMI, Nurmiati Muchlis mengatakan masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman siswa sekolah dasar sekaligus motivasi anak untuk berperilaku sehat secara mandiri di sekolah dasar. Belum adanya pelatihan promosi kesehatan, khususnya dalam membuat karya seni yang memotivasi anak untuk berperilaku sehat. Anggota tim Pengabdi terdiri dari Dr. dr. H.A.M. Multazam, M.Kes dan Drs. Burhanuddin, M. Pd. dan mahasiswa Muhammad Fauzah Fatahillah dan Farhan Rizqullah Almuqni.

Lomba poster kesehatan untuk mendorong bakat dan minat anak di bidang seni sekaligus mendorong untuk berperilaku sehat secara mandiri. Menurunnya kreativitas dan prestasi anak setelah masa pandemic. Meningkatnya masalah Kesehatan mental pada anak usia sekolah dasar.

“Kegiatan PKM ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru tentang upaya meningkatkan stimulasi kreativitas anak yang mendorong agar anak berperilaku hidup sehat. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru tentang bagaimana upaya mengatasi gejala gangguan Kesehatan mental pada anak sejak dini,” kata Nurmiati Muchlis, Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut Nurmiati Muchlis menuturkan adapun permasalahan prioritas yang akan di berikan intervensi yakni masalah Kesehatan dan Sosial. Rendahnya pengetahuan dan pemahaman tentang tenaga pendidik personal tumbuh kembang anak khususnya pendeteksian anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan mental.

News Feed