English English Indonesian Indonesian
oleh

IAIN Palopo Wisuda 1.101 Sarjana dan Magister, Rektor: Teruslah Belajar dan Kembangkan Potensi

FAJAR, PALOPO- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo kembali menggelar sidang senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana dan magister periode II Tahun 2023 di Gedung Auditorium Phinisi IAIN Palopo, Selasa, 7 November.  Sidang senat wisuda sesi I dibuka ketua senat IAIN Palopo Dr Hisban Thaha MAg.

Pelaksanaan Wisuda dibagi menjadi tiga sesi dengan jumlah peserta sebanyak 1.101 orang dengan rincian; Pascasarjana sebanyak 31 orang, FUAD 98 orang, FTIK 403 orang, Fakultas Syariah 183 orang dan FEBI sebanyak 286 orang.

Rektor IAIN Palopo Dr Abbas Langaji MAg  mengatakan, acara wisuda sarjana ini adalah momentum yang sangat penting sebagai landasan bagi para alumni IAIN Palopo untuk bisa terbang tinggi, menembus jagat raya yang luas tak terbatas, mencapai cita-cita mulia.

“Karena itu teruslah belajar dan kembangkan potensi diri, agar menjadi sarjana yang unggul, berdaya saing tinggi, dan  bermanfaat bagi ummat,”kata Rektor.

Menurut Abbas, wisuda mahasiswa bukan akhir dari kegiatan belajar. Namun, satu-satunya cara bagi seorang sarjana untuk dapat menjaga dan membangun reputasi kesarjanaannya, adalah dengan terus belajar.

Mahasiswa yang saat ini diwisuda telah lulus dalam serangkaian proses akademik yang panjang. Keberhasilan wisuda berarti telah mengikuti standar mutu yang ditetapkan. Prestasi bisa sampai lulus bukan hanya berkat jerih payah diri sendiri. Namun ada dukungan dan partisipasi para pihak. Orang tua pasti punya peran yang urgen bagi kelulusan anak-anaknya.

“Sebagai anak kampung, saya melihat orang tua itu sebagai pusat dunia untuk mencapai keberhasilan dan meraih kesuksesan; oleh karenanya wisuda kali ini merupakan persembahan kepada kedua orang tua, yang karenanya mereka diundang hadir dan kepadanyalah ijazah yang menjadi tanda kelulusan anda diserahkan” kata Rektor.

Lalu, Rektor berpesan setelah berstatus Alumni IAIN Palopo, pada saat yang tepat nanti, Almamater berharap agar setiap alumni bersedia membagikan pengalaman, baik dari dunia kerja maupun sebagai pelaku wirausaha, agar memberi manfaat kepada institut maupun masyarakat.

“Tampillah penuh percaya diri sebagai pribadi dengan spirit IAIN Palopo yang HEBAT, Humble, Excellent, Brave, Agile, dan Transcendent. Intinya, setiap alumni IAIN Palopo dituntut menjadi pribadi yang luar biasa tapi tetap dan selalu rendah hati” pesan Rektor yang juga selaku IKA STAIN/IAIN Palopo.

Dia berharap setiap alumni dapat terus berkarya, mengisi kehidupan dengan ‘belajar sepanjang hayat’, belajar menyikapi masalah dengan berpikir ‘melampaui kotak’, senantiasa meningkatkan semangat kepemimpinan serta memperkuat solidaritas, dengan adab yang baik, demi memberikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa dan negara Indonesia.

Wisuda ini menjadi momentum penting bagi para pimpinan IAIN Palopo, dosen dan tenaga kependidikan karena telah berhasil mengantarkan kelulusan para wisudawan, yang sekaligus menjadi momentum yang istimewa bagi para wisudawan serta orang tua dan keluarga yang selama ini telah berkontribusi terhadap keberhasilan wisudawan.

“Kepada seluruh wisudawan, sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di IAIN Palopo, almamater tercinta. Izinkan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada para orang tua yang telah memercayakan pendidikan putra-putrinya kepada IAIN Palopo” imbuh Rektor.

Sementara itu, kesan dan pesan wisudawan yang diwakili Sudarmin Tandi Pora (wisudawan terbaik Pascasarjana) menyampaikan rasa terima kasih tak terhingga pada dosen dan tenaga kependidikan IAIN Palopo yang telah memberi warna dan peluang untuk berkreasi selama menempuh pendidikan.

“Ilmu yang kami dapat ini semoga mampu dipertanggungjawabkan kepada Allah swt. Kehadiran kami di sini menyandang gelar sarjana dan magister tidaklah mudah. Kami akan berupaya untuk mengembangkan ilmu dan berbagai pengalaman kami yang kami dapat di almamater tercinta” ucap lulusan MPI dengan IPK 3,93 itu. (shd/*)

News Feed