English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor IAIN Bone Kukuhkan 914 Wisudawan

FAJAR, BONE – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone kembali kukuhkan 914 wisudawan dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Program Strata Satu dan Strata Dua Angkatan XI di Lapangan Indoor IAIN Bone, Sabtu, 11 November. 

Rektor IAIN Bone Prof Sayabuddin mengatakan bahwa prosesi wisuda kali ini dibagi menjadi dua sesi. Dimana untuk sesi pertama Fakultas Syariah dan Hukum Islam (FSHI) 175 orang dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 313 orang. “Pada sesi kedua Fakultas Tarbiyah sebanyak 322 orang, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) 23 orang dan Pascasarjana 61 orang,” ujarnya. 

Lebih lanjut Prof Syahabuddin menyampaikan bahwa para wisudawan yang dikukuhkan hari ini adalah aset sosial. Sehingga harus betul-betul bisa menunjukkan kontribusinya kepada masyarakat dimanapun ia berada. 

“Wisudawan ini saya sebut sebagai social asset, aset sosial. Aset besar. Tidak mudah untuk memakai sebuah toga. Itu adalah lambang ilmu pengetahuan dan itulah asetnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kunci keberhasilan dalam belajar adalah niat. Sekolah untuk menuntut ilmu bukan untuk kerja, jika niatnya baik Allah akan angkat derajatnya.

“Perbaiki niat. Kalau kita sudah berusaha dan belajar dengan niat baik, tekun, terserah kepada Allah kita akan menjadi apa nantinya. Yarfaillahu ladzina amanu minkum, wallidzina utul ‘ilma darajat,” tutur Rektor mengutip Q.S. Al-Mujadalah ayat 11.

Ia juga berpesan kepada wisudawan untuk menjaga almamater di mana pun berada dan tidak melupakan jasa kedua orang tua.

“Mungkin fisikmu nanti tidak di sini lagi tapi jiwamu jangan. Selalu jaga nama baik almamater dan jangan lupakan pahlawan tak berkuda, pahlawan tak bersayap yaitu orang tuamu,” pungkasnya.

Sementara itu, tiga wisudawan terbaik dari masing-masing empat Fakultas dan Pascasarjana yang berjumlah 15 orang diberikan penghargaan oleh Bank BRI Cabang Watampone, Bank Muamalat KCP Bone, Bank BSI Bone KC Bone dan Baznas Kab. Bone.

Selain itu IAIN Bone juga memberikan penghargaan kepada 37 wisudawan berprestasi non akademik.

Untuk diketahui prosesi wisuda selain dihadiri oleh civitas akademika IAIN Bone, hadir pula Plt. Bupati Bone yang diwakili oleh Asisten 1 dan para pejabat dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone. (sae) 

News Feed