English English Indonesian Indonesian
oleh

REFLEKSI SUMPAH PEMUDA 

Pesatnya perkembangan teknologi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam peningkatan sumber daya serta daya saing. Namun di sisi lain, perkembangan ini juga bisa mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoaks, hate speech (ujaran kebencian), pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah, Hal-hal tersebut akan masuk dengan mudah, jika kaum muda tidak membendung dengan ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya adalah tantangan permasalahan ekologis yang mengancam eksistensi manusia seperti polusi, pemanasan global, hujan asam, ledakan populasi, penggurunan atau erosi tanah, naiknya permukaan air laut, longsor, banjir, gizi buruk, kuman dan virus penyakit-penyakit baru, pencemaran air laut, radiasi nuklir, ledakan sampah, pencemaran tanah, makanan sehari-hari yang beracun, dan lain segala macam. Kemudian terakhir ideologi.

Dalam banyak perang di dunia, latar belakang ideologis menjadi alasan utama para aktor perang. Analisis deskriptif terhadap hal ini menunjukkan bahwa perang yang sebenarnya terjadi di dunia adalah perang ideologi.Ia dijadikan instrumen untuk mencapai tujuan politik tertentu yang tidak memiliki hubungan dengan perang itu sendiri. Hal yang paling sering menjadi pusat perhatian dalam perang adalah bentuk fisik dari perang, tetapi hal terpenting yang sering terlewatkan dari perang adalah wacana ideologis yang melatarbelakangi perang.

News Feed