English English Indonesian Indonesian
oleh

REFLEKSI SUMPAH PEMUDA 

Peranan pemuda dalam kehidupan masyarakat, kurang lebih sama dengan peran warga yang lainnnya di masyarakat. pemuda mendapat tempat istimewa karena mereka dianggap kaum revolusioner yang sedang mencari peran dalam tatanan sosial.

Pada saatnya nanti sewaktu mereka mendapatkan peran, dia akan menuangkan ide ide barunya ke masyarakat. Pemuda lebih berpikir secara rasional dan jauh ke depan. Dalam arti, mereka tidak asal dalam berpikir maupun bertindak, tetapi mereka merumuskannya secara matang dan mengkajinya kembali dengan melihat dampak-dampak yang akan muncul dari berbagai aspek.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 menjelaskan tentang peran dan tanggung jawab pemuda. Pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional.

Lebih lanjut peran nyata pemuda dalam masyarakat adalah penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan kepemimpinan, kewirausahaan, serta kepeloporan oleh pemuda di masyarakat. Seperti kepeloporan pemuda dalam perayaan hari-hari besar nasional ataupun kegiatan yang bersifat massal.

Sudah sepantasnya pemuda mengambil peran lebih dalam kegiatan-kegiatan seperti itu, karena pemuda sudah di berikan jaminan oleh negara untuk menjadi motor pergerakan masyarakat.

Tantangan  hari ini Setidaknya ada tiga tantangan global yang kemudian dihadapi  hari ini di Indonesia bahkan seluruh dunia. Tiga tantagan tersebut menyangkut persoalan Teknologi, Ekologi, dan Idiologi. Dengan demikian perjuang bangs ini belum usai apa tak lagi para pemuda dan pemudi yang kemudian menjadi generasi penerus bangsa ini.

News Feed