English English Indonesian Indonesian
oleh

Tiga Atlet Taekwondo Sulsel Lolos ke PON Aceh 2024

FAJAR, MAKASSAR-Pekan Olahraga Nasional (PON) ajang yang sangat bergengsi di Indonesia. Sebelum PON Aceh 2024 diselenggarakan, telah ada Babak Kualifikasi yang merupakan tahap awal menuju PON 2024. Babak Kualifikasi PON diadakan di Gedung Olahraga POPKI Cibubur, Jakarta Timur pada tanggal 27-30 Oktober 2023.

Sulsel pun meloloskan tiga atlet Taekwondo ke PON Aceh 2024, yaitu: Thoriq Hilbram (Kyorugi Under 68 Kg), Arya Ranu (Kyorugi Under 74 Kg), dan Ahmad Faisal (Poomsae Freestyle Putra).

Pelatih Tim Taekwondo M. Resky Ashar menjelaskan, pola latihan yang akan dilaksanakan ke depan terdiri dari beberapa fase, yaitu persiapan umum, khusus pra kompetisi, dan kompetisi utama. Pola latihan mereka dibangun secara struktural untuk memastikan komponen fisik, teknik, dan taktik terbangun secara merata.

Fokus awal mereka adalah memperkuat fisik, karena Taekwondo adalah olahraga full body contact, di mana daya tahan dan kekuatan otot sangat memengaruhi prestasi. Ia juga memberikan pesan kepada para atlet Taekwondo yang telah berlaga di Babak Kualifikasi PON. “Keberuntungan ada jika dipersiapkan dengan baik. Maka dari itu, selalu semangat dan pantang menyerah,” ujarnya.

Salah satu atlet Taekwondo yang berhasil lolos ke PON Aceh 2024, Thoriq Hilbram berbagi kesan dan harapannya setelah mengikuti Babak Kualifikasi PON 2023. Ia merasa sangat bangga karena ini adalah pengalamannya yang pertama mengikuti event bergengsi di Indonesia.

Ia menyebut acara tersebut sangat seru, mulai dari sesi pembukaan hingga penutupan. Ia pun senang dan bangga memiliki tim yang sangat kompak dan saling mendukung. Ia berharap dapat memberikan hasil terbaik untuk Sulawesi Selatan, tampil bagus, dan meraih juara di PON Aceh 2024. (*/)

Atlet yang Bertanding
Babak Kualifikasi PON Aceh-Sumatra Utara

Kyorugi Putra :

Under 54 : Andi Rachmat
Under 58 : Tiyas
Under 63 : Zacky Noorhidayat
Under 68 : Thoriqh Hilbram
Under 74 : Arya Ranu
Under 80 : Rahmanuddin

Kyorugi Putri :

Under 46 : Fitra Ramadhani
Under 49 : Afira Istiqhori
Under 53 : Andi Tiara

Poomsae :
Individual putra : Atsqal
Individual putri : Shany Lesan
Freestyle Putra : Ahmad Faisal Rustam

News Feed