English English Indonesian Indonesian
oleh

Masjid Jadi Pusat Perdaban Islam

FAJAR, MAKASSAR— Pembangunan masjid Hj Andi Nurhadi menjadi tonggak peradaban baru islam. Masjid tersebut dibangun di atas lahan dua hektare dan dapat menampung 20 ribu jemaah. Selain itu masjid tersebut akan dilengkapi dengan menara yang cukup tinggi, yakni 147 meter. Menara tersebut lebih tinggi dari monumen nasional.

Founder Tiran Group dan ASS Foundation, Andi Amran Sulaiman menjelaskan masjid yang dibangunnya sengaja menggunakan ibunya, yakni Hj Andi Nurhadi. Hal tersebut sebagai pengabdian untuk orang tuanya. Pembangunan masjid tersebut berawal saat diskusi dengan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin saat bertemu saat melakukan umrah. Statusnya masih calon wapres.

“Saya saat itu menjabat Mentan (Menteri Pertanian) dan sempat membahas untuk membangun masjid, sekarang akan diwujudkan. Nilai inspestasinya sebasar Rp500 miliar dan ditargetkan akan rampung dua hingga tahun kedepannya,” kata Andi Amran Sulaiman, Senin (09/10/2023).

Lebih lanjut Amran menceritakan bahwa banyak cerita yang menjadi inspirasi dari konsep masjid yang akan dibangunnya. Salah satunya saat pergi ke Jakarta dengan uang sangat terbatas, sehingga memutuskann menginap di mes masjid Istiqlal. Ingatan tersebut akan selalu menjadi kenanganan.

Sehingga saat menjabat Mentan dia sempat sujud di masjid Istiqlal cukup lama dan meneteskan air mata. Setelah itu ajudan bertanya kenapa sujud lama dan menangis dan dijawabnya kos pertamanya adalah Masjid Istoqlal. Maka yang pertama dibangunnya adalah masjid dan mengambil banyak konsep, termasuk masjid Istiqlal.

News Feed