English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Kesmas UIN Alauddin Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Lingkungan di Kanreapia Gowa

FAJAR, GOWA-Mahasiswa semester lima program studi Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar tengah berpartisipasi dalam mata kuliah wajib PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini berlangsung selama dua minggu, mulai dari tanggal 3 hingga 14 Oktober, dan melibatkan 100 mahasiswa yang dibagi menjadi 12 posko.

Pembukaan kegiatan PBL disambut dengan antusiasme oleh kepala desa, pegawai, dan masyarakat Desa Kanreapia. Setiap posko terdiri dari 10 hingga 11 mahasiswa, dan masing-masing posko memiliki program kerja yang berfokus pada mengetahui dan mengatasi permasalahan kesehatan di masyarakat, khususnya di Dusun Bontona RT 3 RW 1.

Sucitra, mahasiswa UIN yang terlibat dalam kegiatan tersebut mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa berdasarkan mata kuliah yang telah mereka pelajari dan mengimplementasikannya dalam masyarakat.

Juga memberikan manfaat langsung kepada masyarakat melalui program implementasi PBL. Selain itu, juga mengumpulkan data dan hasil kegiatan PBL untuk keperluan penelitian yang akan diterbitkan.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran akan kesehatan lingkungan di kalangan ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak, dan lansia, dengan harapan agar mereka dapat terhindar dari penyakit dan virus yang mungkin menyebar. (*)

News Feed