English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM Unhas Laksanakan Pendampingan UMKM dan Destinasi Wisata di Ekatiro

FAJAR, BULUKUMBA – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Unhas telah melaksanakan pengabdian pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan potensi bisnis UMKM dan destinasi wisata, serta meningkatkan sadar literasi digital bagi warga Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba.

Berdasarkan hasil diskusi awal bersama pihak Kelurahan Ekatiro, didapatkan kesimpulan bahwa daerah tersebut telah menjadi desa wisata sejak lama, namun pengunjung wisatawan yang datang tidak signifikan dikarenakan kurangnya informasi mengenai daerah wisata tersebut.

Selain itu, terdapat juga 35 produk UMKM yang berpotensi untuk diperjualbelikan ke seluruh nusantara. Namun sayangnya, proses jual beli hanya terbatas pada konsumsi masyarakat sekitar dan belum pernah untuk dipromosikan ke lingkungan luar.

Ketua Tim Pengabdian, Muhammad Alief Fahdal Imran Oemar, S.T., M.Sc mengatakan, dengan melihat adanya potensi alam, sejarah budaya, dan produk-produk khas daerah yang dapat menarik minat wisatawan, maka tim memutuskan untuk membangun desa digital yang direalisasikan dalam bentuk sistem informasi berbasis website.

Website tersebut berisi informasi Kelurahan Ekatiro, informasi UMKM, informasi destinasi wisata, dan pengumuman penting lainnya yang dapat diakses melalui laman Ekatiro.com

Sebagai tahap akhir, pada tanggal 6 juni 2023, tim memberikan pelatihan, pendampingan, dan edukasi terkait sistem informasi website Ekatiro kepada aparat desa dan masyarakat lokal. Kegiatan ini memberikan edukasi yang mendalam terkait cara penggunaan sistem informasi dan pengembangan UMKM melalui sistem informasi. (*)

News Feed