English English Indonesian Indonesian
oleh

Peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji UINAM-Kemenag Sulsel Lulus 100 Persen

MAKASSAR, FAJAR — Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) bekerja sama Kemenag Sulsel sukses menggelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan VIII (Mandiri) Tahun 2023. Sebanyak 83 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dinyatakan lulus 100 persen.

Para peserta yang dinyatakan lulus telah berhasil melalui seluruh tahapan pelatihan selama delapan hari di Asrama Haji Sudiang Makassar sejak 29 September hingga 6 Oktober 2023. Mereka semua berhak untuk kemudian diberikan legalitas melakukan pendampingan manasik haji.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, KH Khaeroni mengharapkan, seluruh peserta yang telah memperoleh sertifikasi akan terus meningkatkan kompetensi yang mereka memiliki dalam mengembang amanah sebagai pembimbing manasik haji.

“Alhamdulillah sore ini kita dapat hadir penutupan acara seritifikasi. Harapan kami dari Kemenag bapak-ibu dapat memegang teguh komitmen bersama, harus tetap meningkatkan kompetensinya meski telah memperoleh sertifikasi,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang didapatkan para peserta dalam pelatihan hanya sebagian  dari ilmu pembimbingan haji, apalagi hukum fikih selalu berkembang sesuai zaman.

“Makanya saya pribadi berharap para pembimbing dapat memegang teguh prinsip penyelnggaraan ibadah haji sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah yang selalu mengedepankan pendapat masyarakat dan para ulama,” bebernya.

Ketua Panitia Pelaksana, Andi Abdul Hamzah mengatakan, sejak awal pelatihan dilaksanakan agar para peserta mampu mempersiapkan proses pembimbingan ibadah haji dan dengan sangat baik. Hasilnya pun, seluruh peserta dinyatakan lulus untuk sertifikasi.

News Feed