English English Indonesian Indonesian
oleh

FT Unibos Bekali Mahasiswa Sertifikat Keahlian Standar Nasional

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Teknik (FT) Universitas Bosowa (Unibos) mengikuti Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi Bidang Vokasional tingkat Universitas bersama beberapa Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar.

Dalam ujian kompetensi ini bertujuan untuk mendapatkan pengakuan kompetensi bagi mereka yang sebelumnya memiliki keahlian di bidang teknik konstruksi. Skema yang diikuti peserta antara lain surveyor rekayasa, Pelaksana Pemeliharaan Jalan, Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung, Manajer Pelaksana Bangunan Gedung, Teknik Perencanaan di bidang Keteknikan dan ini merupakan pendamping ijazah buat alumni yang baru lulus.

Arman Setiawan, selaku perwakilan Fakultas Teknik menjelaskan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut MoU yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Ini adalah salah satu bentuk dari implementasi perjanjian kerja sama yang telah dilakukan, dan dihasilkan bahwa dari sini kami akan membekali mahasiswa yang akan lulus dengan sertifikat keahlian,” ujarnya.

Sertifikat Kompetensi ini kata dia, penting bagi fresh graduate untuk mendapatkan sertifikat jenjang 6. “Kenapa ini penting, karena ini merupakan syarat bagi mereka nantinya dalam mencari kerja dan memiliki nilai plus. Daya jual para lulusan untuk ikut bersaing pada dunia kerja khususnya bidang konstruksi,” papar Dosen FT Unibos ini.

Ia juga mengapresiasi yang tinggi kepada Kementerian PUPR khususnya Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat positif. Dengan adanya uji sertifikasi ini diharapkan para peserta dapat lulus ujian sehingga mendapatkan Sertifikat Keahlian (SKK). Semoga peserta mengikuti uji SKK ini dinyatakan Kompeten sehingga mendapatkan Sertifikat keahlian,” ungkapnya. (*/)

News Feed