English English Indonesian Indonesian
oleh

Suherman, Promosi Jabatan dan Mutu Pendidikan

Data lain, prestasi anak-anak Indonesia di ajang Programme for International Student Assessment (PISA, 2018) begitu rendah. Terdapat sekitar 600 ribu siswa yang berpartisipasi di gelanggang kompetisi internasional itu, hasilnya, skor membaca mereka berada di peringkat 72 dari 77 negara; skor matematika di peringkat 72 dari 78 negara, dan skor sains di peringkat 70 dari 78 negara (Kemdikbud, 4/12/2019). Bahkan di lingkup ASEAN saja, Indonesia berada di urutan kedua terendah dari 10 negara anggota ASEAN, hanya melampaui Filipina. 

Keadaan yang lebih buruk dapat saja terjadi di PISA 2023 akibat pandemi covid-19 yang baru saja dilewati. 

Ketiga, Supadi dalam orasinya menyoroti Pengembangan Model Assesmen Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah. Munculnya pandemi COVID-19 telah mengubah proses pembelajaran di sekolah dari konvensional tatap muka ke tatap maya dengan penggunaan perangkat teknologi digital.  Teknologi ini bukan lagi sekedar perangkat tambahan, tetapi telah menjadi media instruksional yang berfungsi lebih dari sekedar memindahkan kelas tatap muka menjadi kelas on-line. Di sinilah peran kepala sekolah sebagai pemimpin teknologi diperlukan untuk menjamin percepatan integrasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) ke dalam semua pembelajaran dan mata pelajaran di sekolah. 

UNJ dengan pusat sumber belajarnya (PSB) memiliki sejarah panjang sejak di era Orde Baru sebagai salah satu penghasil produk-produk pembelajaran yang inovatif yang ditayangkan di Televisi Pendidikan Indonesia. Pengalaman panjang itu hingga kini tetap terawat, dan dapat membantu sekolah-sekolah mana saja yang mengalami kesulitan mengelola kebiatan pembelajarannya yang berbasis teknologi digital untuk meningkatkan mutu pendidikannya secara berkelanjutan.

News Feed