English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim SMEP Sulsel Evaluasi Sepuluh Program PPK Luwu, Hayarna: Motivasi Peningkatan Kinerja

FAJAR, BELOPA– Tim Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) TP PKK Sulsel mengunjungi Kabupaten Luwu. Kedatangan Tim SMEP disambut langsung oleh Ketua TP PKK Luwu, Hayarna Basmin beserta seluruh pengurusnya di kantor TP-PKK Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Selasa (11/7/2023)

Tim Ahli TP PKK Provinsi Sulsel, Hj A Kasmawati selaku Ketua Tim SMEP menyampaikan salam kompak dari Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Naomi Octarina, kepada seluruh kader mulai tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa yang telah membentuk dan mendukung tugas pokok PKK di setiap jenjang.

“Salam hangat dari ibu Ketua, beliau mengajak para kader untuk terus bersama membangun komitmen dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan,” ucap Hj. A. Kasmawati

Kata dia, SMEP ke Kabupaten/Kota dalam rangka melakukan evaluasi sekaligus pembinaan terhadap 10 program pokok PKK. Melihat langsung pelaksanaannya maupun berbagai program lainnya yang telah ditetapkan di setiap kelompok kerja yang ada di setiap Kabupaten.

“Melalui kegiatan ini, kami dari provinsi siap berkomunikasi langsung dan melihat permasalahan di daerah. Kunjungan ini juga menjadi media silaturahmi demi memperkuat pelaksanaan program TP PKK sebagai mitra pemerintah dalam membangun pemberdayaan masyarakat hingga ke tingkat bawah,” jelasnya

Selain itu, kegiatan SMEP ini dimanfaatkan untuk memberikan informasi terkait implementasi 10 program pokok PKK tingkat Sulawesi Selatan dan membina pelaksanaan program-program kerja TP PKK, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat pasca pandemi.

Menggali informasi bagaimana pelaksanaan 10 program pokok PKK tingkat Sulawesi Selatan untuk selanjutnya menghimpun dan menggerakkan potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program PKK.

“Rumusan program yang ditetapkan dalam Rapat Kerja Nasional IX tahun 2021 yang telah menetapkan program unggulan tahun 2021-2024. Untuk itu, diharapkan semua Kabupaten/Kota telah mampu mengimplementasikan 10 program pokok PKK sesuai Rencana Induk dan Strategi Gerakan PKK yang telah menetapkan program-program unggulan hingga tahun 2024.

Menyambut kehadiran Tim SMEP, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin mengucapkan terima kasih atas perhatian dari para pengurus TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan

“Selamat datang ibu, salam hangat pula buat ibu Ketua TP PKK Provinsi Sulsel. Kami ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya kepada kami yang diaplikasikan dalam bentuk monitoring dan evaluasi sebagai bentuk dari salah satu pembinaan yang dilakukan oleh TP PKK Prov. Sulsel,” tutur Hayarna

Monitoring dan evaluasi ini menurutnya adalah motivasi dalam meningkatkan kinerja terutama pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Apalah artinya kami bekerja jika kami tidak dipantau, tidak dievaluasi, tidak dinilai dan tidak ada pembinaan, yang akan berbuntut pada kinerja yang tidak baik. Sehingga dengan adanya kegiatan semacam ini, menjadi motivasi bagi kami, memperbaiki segala kekurangan dan meningkatkan kinerja dalam membantu membangun sekaligus menancapkan tonggak keberhasilan pembangunan disegala aspek kehidupan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris TP PKK Kabupaten Luwu, Winda Arsal mengungkapkan, Tim SMEP akan melakukan Monitoring dan Evaluasi di beberapa Lokus.

“Evaluasi Administrasi PKK berada di kantor sekretariat PKK. Untuk Kelompok Kerja (Pokja) I, terkait Pola Asuh Anak dan Remaja ( Paredi) berada di ruangan pokja I kantor PKK, Pokja II dengan Galeri Pelanginya di ruangan pokja II kantor PKK. Sementara Pokja III tentang “Aku Hatinya PKK” lokusnya di Desa Salubua Kecamatan Suli Barat, dan pokja IV Dapur Gizi lokusnya berada di desa olang Kecamatan Ponrang Selatan,” ungkap Winda. (shd/*)

News Feed