English English Indonesian Indonesian
oleh

Serahkan Bantuan Alkes ke Palopo, Aliyah: Urusan Kemanusiaan Tidak Mengenal Dapil

FAJAR, MAKASSAR-Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham (AMI) serahkan oksigen konsentrator untuk Pemerintah Kota Palopo.

Lima unit bantuan itu secara simbolik diterima langsung Wali Kota Palopo, HM Judas Amir di sela-sela Pembukaan Silaturahmi Nasional I Wija To Luwu (Silatnas I WTL), di Saodenrae Convention Centre, Sabtu 1 Juli.

AMI membuktikan kepedulian tinggi kepada wija to Luwu lewat bantuan tersebut. Sekalipun, legislator Partai Demokrat itu berasal dari Dapil Sulsel I (Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar), bukan yang mencakup wilayah Luwu Raya dan Toraja.

“Insyaa Allah, ini persoalan kemanusiaan. Dan urusan kemanusiaan itu tidak boleh dikotak-dikotakkan hanya karena persoalan daerah pemilihan,” ujar alumni magister Administrasi Publik di Universitas Prof. DR. Moestopo (BERAGAMA), Jakarta itu.

Di samping urusan kemanusian, Anggota Komisi IX itu memang punya hubungan istimewa dengan Tana Luwu. Ikatan itu terbangun dari status istri politisi senior Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) itu, yang berdarah Malangke, Luwu Utara

AMI menyerahkan lima unit oksigen konsentrator tipe GEA 7F-10. Tiga unit untuk RSUD Sawerigading, dua unit sisanya untuk RSUD dr Palemmai Tandi.

Alkes itu merupakan alat penghasil oksigen lewat penyaringan oksigen yang diambil dari udara sekitar atau di sekeliling tanpa memerlukan tabung oksigen. Mesin itu mengolah udara menjadi oksigen murni siap hirup.

Penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan alat semacam ini setara dengan sumber oksigen alami. Penggunaan Oksigen Konsentrator direkomendasikan untuk perawatan, rehabilitasi dan pencegahan penyakit seperti, Asma (bronkial), Infeksi saluran pernafasan akut dan Bronkitis. (maj)

News Feed