English English Indonesian Indonesian
oleh

PTN-BH Universitas Terbuka Sebulan Jaring 1.720 Mahasiswa Baru, Manajemen Paling Diminati

FAJAR, MAKASSAR-Setelah sebulan pendaftaran mahasiswa baru 2023 Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka (PTN-UT) Makassar berhasil menjaring mahasiswa baru sebanyak 1.720 orang menyebar pada puluhan program studi yang ditawarkan mulai dari D3, S1,S2 dan S3.

Pada skala nasional saat ini peminat bagi kampus negeri yang diberi amanah pengelola pembelajaran jarak jauh ini telah melebihi 100 ribu mahasiswa baru.

Direktur PTN-UT Makassar Prof Abdul Rahman Rahim menjelaskan, prodi favorit dan diminati banyak calon mahasiswa yakni, S1 Manajemen, S1 PGSD, S1 PGSD PAUD, S1 Ilmu Hukum, Sistem Informasi Administrasi Bisnis, serta prodi lainnya.

Pencapaian jumlah mahasiswa di PTN UT Makassar akan terus bertambah seiring sosialisasi dan promosi yang sangat gencar dan massif dilakukan oleh seluruh stakholder UT dengan menggunakan media massa dan media sosial.

Lewat sosialisasi dan promosi gencar itu kampus negeri UT semakin dikenal dan dipahami oleh masyarakat kalau UT adalah PTN ke-45 melakukan pembelajaran jarak jauh dan generasi milenial semakin tertarik jadi pilihan melanjutkan jenjang pendidikan.

PTN BH-UT Makassar juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa beberapa media cetak, media online di Makassar yang membantu menyehatkan dan mempromosikan kampus negeri ini.

Selain itu guna lebih mendekatkan dan mempoplerkan UT di masyarakat Sulsel awal Juli 2023 UT Makassar menggelar Rapat Kerja Daerah di Makassar bersama dengan para pengelola Pokjar dan SALUT yang ada di Sulsel serta dosen dan tenaga kependidikan UT guna menyamakan persepsi dalam memasarkan UT di masyarakat.

Agenda Rakerda adalah peningkatan pelayanan akademik dan non akademik serta peningkatan jumlah mahasiswa baru.

Hasil rapat kerja itu kemudian memutuskan sejumlah kebijakan strategis yang akan ditempuh dalam menjaring dan menarik mahasiswa baru. SALUT yang kehadirannya baru setahun yang lalu kini secara perlahan sudah mulai dikenal dan menjadi tempat referensi masyarakat di pelosok Sulsel mencari informasi UT.

Prodi UT

Saat ini UT mengelola 41 program studi dengan jenjang Diploma ada dua program studi yakni; D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi serta D3 Administrasi Pajak, kedua prodi itu telah meraih akredirasi A dari BAN-PT.

Fakultas Ekonomi dengan enam program studi S1 yakni; Ekonomi Pembangunan akreditasi A dari BAN-PT; Ekonomi Syariah (B); Manajemen (A); Akuntansi (A)Akuntansi Keuangan Publik (B), Pariwisata (Terakreditasi).

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengelola 9 prodi S1 yakni; Ilmu Administrasi Publik akreditasi A dari BAN-PT. Ilmu Pemerintahan (B), Ilmu Administrasi Negara (A), Ilmu Komunikasi (B), Sosiologi (A), Ilmu Administrasi Bisnis (A), Sastra Inggeris Bidang Minat Penerjemahan (B), Ilmu Perpustakaan (B), Ilmu Hukum (A).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 11 Prodi S1 yakni; Pendidikan Bahasa dab Sastra Indonesia terakreditasi nilai B dari BAN-PT, Pendidikan Bahasa Inggeris (B), Pendidikan Biologi (B), Pendidikan Fisika (B), Pendidikan Kimia (B), Pendidikan Matematika (B), Pendidikan Ekonomi (B), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (B), Teknologi Pendidikan (C), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (B), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (B).

Fakultas Sains dan Teknologi dengan 7 prodi S1 yakni; Statiska dengan akreditasi B dari BAN-PT, Matematika (A), Biologi (B), Teknologi Pangan (B), Agribisnis (B), Perencanaan Wilayah dan Kota (B), Sistem Informasi (Terakreditasi).

Program Pascasarjana dengan program magister S2 sebanyak tujuh prodi pilihan yakni, Ilmu Administrasi dengan akreditasi B dari BAN-PT, Manajemen (B), Ilmu Kelautan (B), Pendidikan Matematika (B), Pendidikan Dasar (B), Pendidikan Bahasa Inggeris (B), Lingkungan (B). Program Doktor (S3), dengan dua pilihan Doktor Ilmu Manajemen dan Doktor Administrasi Publik. (*)

News Feed