English English Indonesian Indonesian
oleh

Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNM Praktek Lapangan di Bulukumba

FAJAR, MAKASSAR-Salah satu program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja adalah program praktisi mengajar. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja.

Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring. Universitas Negeri Makassar menjadi bagian dari Program Praktisi Mengajar yang melibatkan praktisi dari berbagai bidang keilmuan baik berlatar belakang birokrasi, profesional maupun dunia usaha.

Salah satu program studi pada Universitas Negeri Makassar yaitu Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar telah melakukan kolaborasi dengan birokrat dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bulukumba sejak pertama kali adanya program praktisi mengajar di UNM.

Pada Tanggal 15-18 Juni 2023 mahasiswa prodi PTB Angkatan 2021 yang memprogramkan mata kuliah Konstruksi Jalan Raya I pada semester ganjil dilanjutkan Mata Kuliah Konstruksi Jalan Raya II pada semester genap melakukan Field Trip ke Kabupaten Bulukumba.

Field Trip ini disponsori oleh Sekertaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bulukumba, Idham Khalid Daeng Patunru, S.STP., M.Si selaku dosen praktisi dan dosen pengampu mata kuliah sekaligus ketua prodi PTB PTSP Fakultas Teknik UNM Dr. Ir. Qadriathi Dg Bau, ST., M.Si., M.Pd. ATU.

Di Kabupaten Bulukumba, mahasiswa Prodi PTB angkatan 2021 mengunjungi beberapa tempat seperti terminal, prasarana Jalan yang berada di Kabupaten Bulukumba mulai dari prasarana Jalan di Kota Bulukumba, prasarana Jalan di daerah ketinggian Donggia sampai menyusuri prasarana Jalan di Daerah Pantai Kawasan Bira.

Di lapangan Dosen praktisi juga menyampaikan kebijakan -kebijakan yang telah dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Bulukumba. Hal tersebut tentu tidak lepas dari Rencana Pembelajaran Semester yang telah disusun oleh dosen pengampu dan dosen praktisi dan telah disetujui oleh tim seleksi praktisi mengajar Kementrian sebelum program dimulai.

“Harapannya semoga kegiatan seperti ini tetap berkesinambungan dan dosen praktisi yang terlibat untuk senantiasa berkolaborasi dan bersedia meluangkan waktu, tenaga, terkhusus keilmuan lapangan untuk membantu mahasiswa memasuki dunia kerja yang tidak hanya sekedar teori tetapi punya keilmuan tentang implementasi praktek juga,” tutur Qadriathi Dg Bau. (uca/*)

News Feed