English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas dan Universitas Jember Sepakat Kolaborasi untuk Pengembangan Pendidikan Kesehatan

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin bersama Universitas Jember sepakat kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) bersama Wakil Rektor II Universitas Jember (Prof. Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.30 Wita di Lounge Lt.8 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (30/04). Turut hadir mendampingi dari Unhas diantaranya Direktur RSGMP, Dekan FKG beserta jajarannya. Adapun dari Universitas Jember seperti Dekan FKG, sejumlah wakil dekan, dan jajaran pimpinan rumah sakit gigi dan mulut.

Mengawali kegiatan, Rektor yang diwakilkan oleh Prof Ruslin selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa senangnya menyambut delegasi Universitas Jember di Unhas. Kunjungan ini bukan hanya untuk membangun hubungan kekeluargaan yang baik, tetapi juga kolaborasi dalam mendorong peningkatan tridarma perguruan tinggi.

Lebih lanjut, Prof Ruslin menambahkan secara umum penandatangan MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antar kedua universitas dalam berbagai aspek tridarma perguruan tinggi, dengan harapan menjadi media saling mendukung dalam upaya peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi Indonesia.

“Selamat datang di Unhas, secara umum hubungan Unhas dan Jember sudah lama terjalin dengan baik. Kerjasama yang akan kita lakukan harus ada dampak yang bisa segera diperlihatkan. Melalui kerjasama yang kuat, kita menyakini program strategis yang akan dilakukan akan berjalan dengan baik,” jelas Prof Ruslin.

Prof Ruslin juga memberikan gambaran umum tentang upaya peningkatan kualitas yang terus dilakukan oleh Unhas dalam berbagai aspek. Dirinya mengatakan, Unhas terus melakukan pembenahan. Saat ini, jumlah prodi kurang lebih 240 dari berbagai jenjang. Dirinya mengharapkan, melalui kolaborasi ini, Unhas maupun Universitas Jember bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, WR II Universitas Jember Prof Hernawati menyampaikan ungkapan terima kasih atas keterbukaan Unhas untuk membangun kemitraan. Dirinya mengatakan, sebagai perguruan tinggi BLU, Universitas Jember ingin memperoleh saran dan masukan dari Unhas yang lebih awal berstatus PTNBH.

“Kami mau belajar dari Unhas, kami ini masih berkembang, termasuk Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Jember ini masih BLU, masih proses transformasi PTNBH. Kami senang sejauh ini Unhas khususnya FKG sangat membuka jalan kolaborasi dengan kami. Kami merasa senang akan hal itu, karena banyak hal yang dapat kami pelajari,” jelas Prof Hernawati.

Prof Hernawati menambahkan, kerjasama ini merupakan langkah penting dalam mengakselerasi pengembangan tridarma perguruan tinggi. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan global dan meningkatkan daya saing bangsa.

Tidak hanya MoU antara Unhas dan Universitas Jember, juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Dekan FKG dan RSGMP Unhas bersama Dekan Fakultas Kedokteran Gigi dan RSGM Universitas Jember sebagai implementasi dari MoU yang telah dilakukan.

Melalui kerja sama ini, diharapkan akan membawa dampak positif tidak hanya bagi kedua institusi, tetapi juga bagi masyarakat luas. Melalui kolaborasi yang berkelanjutan, Unhas dan Universitas Jember berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang berkontribusi pada pembangunan bangsa. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dan ditutup dengan foto bersama. (*)

News Feed