English English Indonesian Indonesian
oleh

Seminar Karier HMTP UMI, Gambarkan Jenjang Karier di Dunia Pertambangan Era 5.0 ke Mahasiswa

FAJAR, MAKASSAR-Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Seminar Karier di Auditorium KH. Muhammad Ramly, Kamis, 22 Juni. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan gambaran kepada mahasiswa tingkat akhir mengenai jenjang karier di dunia pertambangan di era Revolusi Industri 5.0.

Seminar Karier ini dihadiri oleh narasumber Andi Ashari Ahmad, seorang alumni Program Studi Teknik Pertambangan UMI yang saat ini bekerja sebagai Dispatch Engineer di PT BUMA.

Dalam seminar itu, Andi Ashari Ahmad menyampaikan pentingnya memiliki nilai-nilai (value) dalam menjadi seorang engineer yang baik. Menurutnya, seorang engineer perlu memiliki kemampuan dalam menghitung dan mengestimasi cadangan serta memiliki keterampilan komunikasi yang baik. “Kalian bisa memiliki ide-ide berlian, tetapi semua itu percuma apabila tidak disampaikan,” ungkap Ashari.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan, Israf Naufal; Koordinator Kemahasiswaan Program Studi Teknik Pertambangan, Firdaus; Sekretaris Program Studi Teknik Pertambangan Idris Juradi; dan Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Industri UMI, Alam Budiman.

Israf Naufal mengungkapkan, kegiatan ini diadakan untuk menciptakan pembelajaran inovatif di abad 20. Dia berharap agar seminar ini dapat memberikan solusi bagi dunia pendidikan di Indonesia dan membawa manfaat yang besar bagi semua peserta di era yang baru dengan industri kreatif yang lebih bijaksana.

Sementara itu, Idris Juradi berharap agar kegiatan serupa dapat diadakan lagi. Dia menekankan pentingnya persiapan mahasiswa menghadapi perkembangan teknologi di masa depan dan berharap kegiatan semacam ini dapat dilakukan dengan menggunakan software dan drone.

Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Industri UMI, Alam Budiman mengucapkan terima kasih kepada Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan atas penyelenggaraan seminar ini. Dia menyatakan saat ini, tidak hanya softskill yang harus dikuasai, tetapi juga hardskill menjadi hal yang penting bagi para mahasiswa.

Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan FTI-UMI, Andhika Putra Erlangga, berharap agar seminar karir seperti ini dapat diadakan lebih sering. Dia berpendapat bahwa kegiatan ini memberikan gambaran tentang dunia kerja di masa depan dan membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri mengikuti program pengembangan fresh graduate.

Menurut Andhika Putra Erlangga yang merupakan mahasiswa dari Program Studi Teknik Pertambangan FTI UMI berharap agar seminar karier ini bisa lebih sering dilaksanakan “Seminar karir ini agar bisa lebih sering dilaksanakan supaya kita punya gambaran bagaimana dunia kerja kedepannya dan juga kita bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti fresh graduate development program,” jelasnya. (*)

Penulis: NADIA FATIATUL SHAFA
TEKNIK PERTAMBANGAN FTI-UMI
Saat ini menjalani KKN Profesi di FAJAR

News Feed