English English Indonesian Indonesian
oleh

Administrasi Publik Unhas Hadirkan Dosen Praktisi dari Peraih Digital Government Award, Berbagi Tantangan Perkembangan Digitalisasi

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Administrasi Publik, Universitas Hasanuddin, menghadirkan Arif Syamsuddin, S.Pd, MT, Kepala Bidang Informatika, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanditik) Pemerintah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Arif Syamsuddin adalah penerima penghargaan Digital Government Award 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Kuliah tamu ini diadakan sebagai respons terhadap tantangan perkembangan digitalisasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik, Kamis, 15 Juni.

Menurut survei yang dilakukan oleh PBB pada tahun 2022, kualitas pemerintahan digital Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Namun, pelayanan digital dan kebijakan pemerintah Indonesia terus mengalami perkembangan dan berada pada level negara dengan kualitas menengah dalam aplikasi digitalisasi administrasi publik.

Dalam kuliah tamu tersebut, Arif Syamsuddin berbagi pengalaman tentang proses transformasi Pemerintah Kabupaten Sumedang dari sistem administrasi berbasis silo dan eksklusif menjadi sistem integratif dan inklusif.

Hal ini tercapai berkat kepemimpinan visioner Bupati Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Erwan Setiawan. Pemerintah Kabupaten Sumedang berhasil membangun dua superapps, yaitu e-Office dan Tahu Sumedang.

Aplikasi e-Office bertujuan untuk memfasilitasi berbagai jenis pelayanan dan mendukung fungsi koordinasi antar internal pemerintah untuk memperkuat manajemen kelembagaan berbasis digital. Sedangkan Tahu Sumedang adalah superapps yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan publik kepada warga masyarakat dan kelompok bisnis berbasis digital.

News Feed