English English Indonesian Indonesian
oleh

Administrasi Publik Unhas Hadirkan Dosen Praktisi dari Peraih Digital Government Award, Berbagi Tantangan Perkembangan Digitalisasi

Salah satu tantangan utama dalam proses transformasi tersebut adalah sumber daya manusia, terutama pegawai yang umumnya berasal dari generasi baby boomers yang sulit beradaptasi dengan teknologi informasi. Namun, melalui mentoring, coaching, dan dukungan dari pemimpin daerah, kondisi ini dapat diatasi dengan baik.

Kuliah tamu ini dihadiri oleh 100 mahasiswa dan dosen dari Universitas Hasanuddin dan kampus lain di Makassar. Acara tersebut juga melibatkan sesi tanya jawab, di mana delapan mahasiswa dan dosen memberikan pertanyaan dan tanggapan terkait berbagai tantangan dan upaya yang dilakukan untuk memastikan perubahan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang dapat berkelanjutan dan menyebar ke daerah lain di Indonesia.

Kuliah tamu tersebut dipandu oleh Andi Ahmad Yani, M.Si, MPA, M.Sc, selaku dosen pengampu mata kuliah dan dibuka oleh Dr. Muhammad Tang Abdullah, M.AP, selaku Sekretaris Departemen Ilmu Administrasi, Universitas Hasanuddin.

Dengan adanya kegiatan ini, Departemen Administrasi Publik, Universitas Hasanuddin berharap dapat memberikan gambaran implementatif kepada mahasiswa tentang tata kelola publik digital, selain konsep dan teori yang sudah dipelajari.

Melalui pengalaman Arif Syamsuddin sebagai dosen praktisi yang telah meraih penghargaan Digital Government Award, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai penerapan digitalisasi dalam administrasi publik. (*)

News Feed