English English Indonesian Indonesian
oleh

Asis Nojeng Pimpin Himpunan Pelestari Bahasa Daerah Sulsel

FAJAR, MAKASSAR-Pengurus Himpunan Pelestari Bahasa Daerah (HPBD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi dilantik oleh Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah S. S, M. Hum.

Pelantikan yang diikuti oleh sejumlah orang yang tergabung jadi pengurus itu, berlangsung di Hotel Aryaduta Makassar. Rabu, 14 Juni 2023 pukul 19.00 Wita-Selesai.

Berdasarkan penyampaian Ketua HPBD Sulsel, Dr. Asis Nojeng S. Pd, M. Pd mengatakan, bahwa organisasi tersebut hadir sebagai wadah banyak dari berbagai kalangan untuk melestarikan bahasa daerah di tengah bumingnya bahasa asing.

“HPBD ini tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai kalangan. Ada Pegiat Literasi, ada akademsi, aktivis, dan masih banyak yang lainnya. Tentu, kami hadir sebagai wadah untuk menjaga dan melestarikan bahasa daerah di tengah maraknya bahasa asing,” kata Asis Nojeng.

Lebih lanjut, Dosen UNM yang sering disapa Daeng Nojeng itu juga menyampaikan, bahwa ke depan pihaknya akan melaksanakan program-program yang betul-betul berkontribusi untuk pemertahanan dan kemajuan bahasa daerah.

“Kami punya proyeksi serius untuk ke depannya, utamanya dalam hal berkontribusi nyata dalam melestarikan bahasa daerah. Program-program yang akan kami canangkan tentunya tidak terlepas dari tantangan bahasa daerah hari ini, dan juga tentunya akan bersentuhan langsung dengan masyarakat luas,” ungkapnya.

Di akhir, ia berharap agar HPBD tidak berhenti di pelantikan saja.

“Karena ini sudah kami mulai bersama-sama, maka tentu sebagai ketua saya berharap kita tidak berhenti di sini saja. Paling tidak, kita bisa menunjukkan kerja-kerja yang sifatnya kolaboratif,” harapnya.

News Feed