English English Indonesian Indonesian
oleh

JCH Kantongi Uang Saku Tiga Juta Tiga Puluh Ribu Rupiah, Buat Bayar Dam dan Kurban

FAJAR, MAKASSAR-Rombongan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk kloter 30 telah sampai di Asrama Haji Sudiang, Selasa, 13 Juni 2023.

Di kloter tersebut, 388 jemaah berasal dari Sulawesi Tenggara (Sultra). JCH Sultra ini menjalani skema embarkasi transit. Mereka memasuki Asrama Haji Sudiang sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Berangkat Haji memang butuh persiapan matang, bukan hanya harus antre tetapi menyiapkan finansial. Misalnya, Abdurrahim Hammang Sanrina -jemaah berusia 55 tahun dari Kolaka Timur ini mengaku sangat senang karena antreannya telah tiba. Ia pun menyiapkan segala hal menjalani ibadah haji. Termasuk uang saku.

Ia membawa uang saku senilai 3 juta 30 ribu rupiah. “Itu akan saya gunakan untuk keperluan dan jajan terutama untuk membayar Dam dan Kurban,” ucapnya.

Antusiasme jemaah calon haji juga dirasakan Erni Binti Aris Caka. Itu karena telah menanti selama 12 tahun lamanya baru bisa berangkat. Keberangkatan jemaah ini cukup lama tertunda karena adanya faktor kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji yang terancam akibat pandemi Covid-19 lalu. Kini, ia pun sudah siap menjalani ibadah.

“Persiapan saya sebelum keberangkatan yaitu menjaga kesehatan dan stamina serta meluruskan niat, karena tujuan utama kita adalah beribadah,” ujar jemaah berusia 42 tahun ini. (*/)

Penulis: Fiqiatul Faida
Mahasiswa Teknik Pertambangan FTI UMI
Menjalani Praktik Magang di Fajar

News Feed