English English Indonesian Indonesian
oleh

Bagi Inspirasi Sukses ke Mahasiswa Unhas, Amran Sulaiman: Bukan Uang, Melainkan Kemauan

FAJAR, MAKASSAR-Mantan Menteri Pertanian dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Andi Amran Sulaiman, menjadi pembicara dalam kegiatan Inspiring Lecture pada hari Jumat, 5 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari Unhas Entrepreneur Camp (UEC), yang diselenggarakan oleh Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di bawah pengawasan Pokja Prestasi dan Kewirausahaan Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin membuka kegiatan ini dengan menyampaikan bahwa saat ini ada 2.045 mahasiswa dan 155 dosen Unhas yang terlibat dalam PMW. Ia juga menekankan bahwa Amran Sulaiman merupakan salah satu alumni Unhas yang sangat menginspirasi.

Dalam pemaparannya, Amran Sulaiman memberikan pesan-pesan penting kepada mahasiswa. Ia menekankan bahwa modal utama kesuksesan bukan uang, melainkan kemauan yang keras dan karakter yang kuat. “Sukses hadir dari kemauan yang keras dan karakter yang bagus, itu yang akan mencetak uang. Jadi karakter, mimpi besar, ubah mindset, action, lalu konsisten,” tegasnya.

Amran juga menceritakan perjuangannya yang tidak mudah saat menjadi mahasiswa dan merintis usahanya. Ia menambahkan bahwa mereka dulu menjual ikan, beras, bahkan tidur di masjid. Baginya, untuk sukses hari ini, harus berkeringat dulu, kalau mau gagal, silakan hura-hura.

Selain itu, Amran juga menekankan pentingnya menjadi manusia yang berbeda dan selalu berpikir out of the box. Ia juga berinteraksi langsung dengan beberapa mahasiswa yang sudah memulai bisnis di bangku kuliah dan menyampaikan kesediaannya menjadi mentor serta membuka ruang diskusi kepada mahasiswa Unhas yang ingin serius berwirausaha.

“Saya menyediakan ruang diskusi gratis bagi seratus atau dua ratus mahasiswa yang serius. Saya ingin ada pengusaha sukses yang lahir di Indonesia Timur,” katanya/

Andi Zulkarnain, alumni Unhas dan Sekretaris Duta Besar Indonesia di Kazakhstan dan Tajikistan, juga hadir dalam acara tersebut. Ia berbagi pengalaman sejak menjadi mahasiswa hingga bekerja di kedutaan dan menyampaikan peluang kerja sama di Kazakhstan dan Tajikistan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa Unhas untuk menjadi pengusaha sukses di masa depan. (*/)

News Feed