English English Indonesian Indonesian
oleh

Halal Bihalal

Oleh; Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin

๐‡๐š๐ฅ๐š๐ฅ ๐๐ข๐ก๐š๐ฅ๐š๐ฅ adalah jembatan kembar kasih sayang. Menjembatani dua sisi yang berbeda terhubung dengan jiwa kasih dan sayang.
Adakah yang mampu menghubungkan Kec. Somba Opu dengan Kecamatan Pallangga selain jembatan kembar kota Sungguminasa.

Dan siapakah yang bisa menjembatani jurang pemisah di antara dua orang yang saling bersengketa, kalau bukan kita sendiri. ๐˜—๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜๐˜ฅ๐˜ช ๐˜—๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜Œ๐˜ญ๐˜ฐ, ๐˜š๐˜ช๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ๐˜ฐ ๐˜š๐˜ช๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜จ.
Dengan ๐‡๐š๐ฅ๐š๐ฅ ๐๐ข๐ก๐š๐ฅ๐š๐ฅ inilah sebagai ๐˜ข๐˜ด๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฃ jembatan penghubung asa dari jurang penyekat itu.

๐‡๐š๐ฅ๐š๐ฅ ๐๐ข๐ก๐š๐ฅ๐š๐ฅ diharapkan bisa dijadikan sebagai instrument mengisi lubang-lubang pergesekan.

Sendu pilu alias beradu mulut yang melukiskan keadaan selama ini, membawa percekcokan yang berantakan.

Sebelumnya, yang satu ๐˜Š๐˜ฐ๐˜ฌ๐˜ช (kucing) yang satunya ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ธ๐˜ฐ (tikus) tidak pernah akur, sebab kedua hatinya ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฅ๐˜ฅ๐˜ฐ (๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐโ€™).
Lupakanlah keributan yang pernah terjadi, ambil hikmahnya.

Jadikanlah ๐‡๐š๐ฅ๐š๐ฅ ๐๐ข๐ก๐š๐ฅ๐š๐ฅ ini sebagai sarana menguatkan tali persaudaraan, meredakan dendam, dan memperkuat rasa bahu-membahu, saling berpegangan tangan.
Ya, ๐‡๐š๐ฅ๐š๐ฅ ๐๐ข๐ก๐š๐ฅ๐š๐ฅ cocoknya saling memaafkan sebagai tanda kebesaran hati dan merupakan bentuk cinta kasih yang Allah ridhai.

Saling memaafkan tak akan pernah membuatmu rugi. Dari ๐‡๐š๐ฅ๐š๐ฅ ๐๐ข๐ก๐š๐ฅ๐š๐ฅ pagi di UIN Alauddin ini kita bisa kembali diberi kesempatan memperbaiki hal-hal yang dulunya tak berjalan sesuai rencana.

Melalui ajang ๐‡๐š๐ฅ๐š๐ฅ ๐๐ข๐ก๐š๐ฅ๐š๐ฅ ini pula, mari kita satukan hati, satukan pikiran untuk membentuk ikatan persaudaraan yang erat, diikuti dengan bersalaman. Ingat, Anda tidak bisa berjabat tangan dengan kepalan tinju.

News Feed