English English Indonesian Indonesian
oleh

Sipencatar Jalur Mandiri Dibuka, PIP Makassar Siap Lahirkan Pelaut Handal

MAKASSAR, FAJAR – Setelah menghasilkan ratusan lulusan calon pelaut handal dan terserap oleh dunia usaha pada setiap tahun, maka Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar kembali membuka Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) lewat jalur mandiri.

Direktur PIP Makassar, Capt Rudy Susanto menjelaskan bahwa pihaknya memiliki visi menjadi perguruan tinggi pelayaran terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia perhubungan dan riset di bidang Pelayaran. Tidak hanya itu, PIP Makassar juga memiliki misi menyelenggarkan pendidikan bidang pelayaran untuk menghasilkan lulusan yang prima, profesional dan beretika, mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis ilmu.

“Bagi para remaja yang belum mendapat kesempatan lolos pada Sipencatar Diploma VI jalur Pola Pembibitan (Polbit) tidak perlu khawatir. Sebab kami kembali membuka pendaftaran untuk Sipencatar Diploma VI jalur Non Pola Pembibitan atau Jalur mandiri,” kata Capt Rudy.

Ia menambahkan pada Sipencatar jalur Non Pola Pembibitan atau Jalur mandiri, pihaknya membuka tiga program studi. Yaitu Diploma VI Nautika, Diploma VI Tenika dan Diploma VI Ketatalaksanakan Angkutan Laut dan Kepalabuhan (KALK). Untuk waktu pendaftarannya, untuk Gelombang II dari 1 April hingga 3 Mei, Gelombang III dari 13 Mei hingga 21 Juni, dan Gelombang IV dari 1 Juli hingga 16 Agustus 2024.

Capt Rudy juga menjelaskan Dengan persyaratannya Sipencatar jalur Non Pola Pembibitan ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi diantaranya untuk Diploma VI Nautika adalah merupakan lulusan SMA / MA sederajat jurusan IPA atau SMK Pelayaran Jurusan Kemaritiman Nautika Kapal Niaga dan Nautika Kapal Penangkap lkan. Lalu untuk Diploma VI Teknika lulusan SMA / MA sederajat jurusan IPA atau SMK Pelayaran Jurusan Kemaritiman Teknika Kapal Niaga. Dan untuk Diploma VI KALK SMA / MA Jurusan IPA dan IPS, SMK / MAK Jurusan Bianis dan Manajemen (Pemasaran, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Akuntansi dan
Keuangan Lembaga), Juruaan Teknik Komputer dan Jaringan, Logistik.

News Feed