English English Indonesian Indonesian
oleh

Memaafkan

Oleh: Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin

Idul Fitri lekat dengan tradisi saling ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ-๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป. Momentum lebaran menjadi saat-saat penting untuk bersilaturahmi dan kembali mempererat jalinan persaudaraan melalui ajang silih ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ-๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป.

Indah sekali pasca lebaran ini, ungkapan ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ di mana-mana bisa ditemukan. Sampai-sampai ATM pun ikut-ikutan meminta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ.
โ€œ๐— ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ Saldo Anda Tidak Mencukupiโ€.
Saking jujurnya, ATM pun meminta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ.
Seandainya Anda mau ๐˜ด๐˜ค๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ญ ke bawah, mungkin masih ada pemberitahuan berikutnya:

โ€œ๐— ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ, Saldo Anda Tinggal Kenanganโ€.
Lagi-lagi resonansi ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ kadang-kadang ditemukan saat mau menelpon teman-teman dan sanak keluarga, dan operator pun kerap meminta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ.

โ€œ๐— ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ Pulsa Anda Tidak Mencukupiโ€.
Alangkah indahnya pasca lebaran, dimana-mana ditemukan gema ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ-๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป.
Kata โ€œ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณโ€ itu elementer dan fundamental, tetapi memiliki bobot terhormat dan kekuatan memesona dalam memperbaiki hubungan kemanusiaan.

Ketika manusia melakukan kesalahan, entah sengaja atau tidak, meminta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ adalah langkah awal remedi mampu menenangkan jiwa dan fikiran.

๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป bukanlah melupakan tumpukan galabah dan nestapa, hanya melepaskan endorphin lara dan pedih usai disakiti. Jadi, ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป berarti menemukan kembali jalan keharmonisan sekaligus menciptakan suasana sejuk dan damai, meski sebelumnya dihinakan.

๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป menjadi sebuah keniscayaan bagi setiap manusia. Bukan sekadar sebagai tanda kesalahan atau kekhilafan yang telah dilakukan. Namun, pe๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ merupakan perilaku yang sangat mulia sebagaimana Allah Swt Maha Pe๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ dan Pengampun, mencintai hamba-Nya yang suka meneladani sifat-Nya.

News Feed