English English Indonesian Indonesian
oleh

Perpustakaan Keliling di Pangkep Tingkatkan Minat Baca

FAJAR, PANGKEP- Gencarkan gerakan literasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pangkep menyediakan layanan perpustakaan keliling.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pangkep, Muhiddin menyampaikan bahwa, program perpustakaan keliling ini, merupakan program rutin yang berjalan selama ini.

“Karena operasional dan armada yang terbatas, maka layanan perpustakaan keliling ini belum bisa menjangkau semua segmen. Tetapi tahun ini programnya akan lebih dipertajam, efisien dan efektif dengan memetakan daerah atau masyarakat serta sekolah-sekolah yang belum dilayani sebelumnya. Serta yang belum memiliki perpustakaan desa kelurahan dan perpustakaan sekolah yang representatif berdasarkan standarisasi perpustakaan sekolah yang ditentukan oleh Perpustakaan nasional,” paparnya.

Lebih jauh dijelaskan, pada dasarnya layanan ini diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat, mulai dari anak usia dini, hingga orang dewasa atau masyarakat umum. 

Ia menyebutkan bahwa, pengembangan literasi harus secara terus menerus dilakukan, salah satunya melalui program perpustakaan keliling dapat mengakses diberbagai wilayah daratan.

“Seperti wilayah pelosok pelosok di daratan. Jadi masyarakat yang kesulitan mengakses perpustakaan daerah kita dapat hadirkan layanan diwilayah itu, untuk mempermudah Masyarakat agar literasi terus tumbuh dan dan budaya membaca terus berkelanjutan,” ungkapnya.

Dengan begitu lanjut dikatakan Muhiddin, dengan layanan perpustakaan keliling sehingga anak anak usia dini hingga masyarakat umum dapat lebih mengenal dunia ilmu pengetahuan, wawasan dan cakralawa berfikir, serta meningkatkan indeks literasi minat baca masyarakat.

“Layanan perpustakaan keliling ini menyediakan, bahan pustaka atau buku bacaan dengan beragam judul dan koleksi mulai dari buku fiksi, non fiksi, novel, buku pendidikan, inseklopedia, buku pengetahuan umum dan keagamaan, buku ilmu praktisi, serta koleksi koleksi buku lainnya,” imbuhnya.(fit)

News Feed