English English Indonesian Indonesian
oleh

Memaafkan

๐˜”๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด (๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ) ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ (QS. Asy Syuโ€™ara: 40).

Kultur ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ-๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป inilah kerap dipraktikkan komunitas Muslim untuk saling ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ-๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป pasca lebaran, agar terjalin hubungan baik antar sesama manusia.
Malah ada yang lebih hebat lagi, meminta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ duluan sebelum hari lebaran. Bukan berarti yang lebih dahulu meminta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ punya akumulasi kesalahan.

Justru mereka minta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ duluan, karena mengedepankan ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ต๐˜ฉ (sifat kehati-hatian).
Seluruh kelalaian dan kekeliruan yang pernah dilakukan selama satu tahun, keinginannya agar ter๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฆ dosanya hari itu melalui ungkapan โ€œmohon ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ lahir dan batinโ€.

Setiap insan memang perlu memopulerkan perangai ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป, agar prevalensi ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ini bisa menjadi leluri zaman.
Bukankah manusia terbaik itu, salah satunya mampu membahagiakan orang lain dengan mudah ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป. (Hadis)

Meminta ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ dan ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป menjadikan manusia penuh dengan kelapangan dan kerendahan hati. ๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป orang yang bersalah bukan hanya membuat mereka terlepas dari kekeliruannya, tetapi membuat kita semakin bersyukur, karena masih diberi kesempatan untuk ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป orang lain.

๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป merupakan bentuk filantropi cinta yang tertinggi nan elok. Sebagai imbalannya, manusia akan menerima kesakinahan dan karunia-Nya tidak disangka-sangka.

๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป memang bukanlah perkara sepele. Butuh upaya serius untuk bisa memanifestasikannya, sebab kualifikasi ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ณ harus disertai gerbang keikhlasan.
๐˜‘๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ข๐˜ง (๐˜ธ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข-๐˜’๐˜ถ), …. (QS. Al-A’raf: 199)

News Feed