English English Indonesian Indonesian
oleh

Milad ke-56, Rektor Berharap IAIN Palopo Bertransformasi Jadi UIN di 2024

FAJAR, PALOPO – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo gelar sidang senat terbuka dalam acara Milad ke-56 Tahun di Gedung Auditorium Phinisi, Selasa, 02 April 2024. Sidang senat dibuka oleh Ketua Senat IAIN Palopo Dr Hisban Thaha.

Wakil Rektor I Dr Munir Yusuf, M.Pd saat pembacaan sejarah kepemimpinan di IAIN Palopo dari masa ke masa, sejak berdirinya sejak 27 Maret 1968 hingga saat ini telah dipimpin delapan orang. Kampus ini terus mengalami peningkatan signifikan dalam tata kelola penyelenggaraan pendidikan tinggi. Dari masa ke masa hingga saat ini di usia ke-56 tahun, IAIN Palopo terus memperkokoh dedikasi untuk negeri melalui berbagai kontribusi intelektual.

“Rangkaian sejarah panjang tersebut tampak bahwa IAIN Palopo merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi yang dinamis, mengalami tranformasi status kelembagaan menyesuaikan dengan regulasi yang berkembang” ucap Munir.

Rektor IAIN Palopo Dr Abbas Langaji MAg dalam sambutannya, menyampaikan IAIN Palopo menyampaikan harapan doa dan dukungan, jika tidak ada aral melintang IAIN Palopo akan alih status menjadi Universitas Islam Negeri sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo, pada Oktober 2024 mendatang.

“Ada 11 PTKIN yang disiapkan oleh Kemenag RI, urutan pertama IAIN Cirebon, kedua IAIN Palopo, kemudian PTKIN lainnya. Ke-11 PTKIN ini merupakan legacy Presiden sebelum masa jabatan beliau berakhir, Oktober mendatang,” ujarnya.

Untuk itu, satu atau dua bulan ke depannya, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan menerbitkan izin prakarsa untuk terbitnya RPP/Perpres.

News Feed