English English Indonesian Indonesian
oleh

Menutup Gap Kawasan CPI

Mesti ada kebijakan berupa rekayasa agar dampak ekonomi utamanya di segmen wisata pada kawasan CPI harmoni pada ketiga titik itu. Perlu kiranya jalur atau spot lalu lintas pinisi dipindahkan ke Anjungan Lego-Lego agar view sunset Pantai Losari tetap utuh.

Dengan berpindahnya dermaga phinisi ke anjungan Lego-Lego atau di sekitarnya juga akan menghidupkan pelaku usaha di Kawasan Lego-Lego juga, dan mendekatkan aktivitas ibadah ke Masjid 99 Kubah. Memang akan memunculkan sebuah pertanyaan atas penetapan kawasan khas di sekitar Masjid 99 Kubah sebagai kawasan religi yang disebut diperkuat oleh peraturan kepala daerah. Pada dimensi ini, seharusnya semua pihak tidak perlu ragu sebab aktivis di sekitar Kawasan Lego-Lego dan Masjid 99 Kubah tidak akan menurunkan kualitas ibadah. Saat azan berkumandang maka tidak ada aktivitas yang dapat mengganggu proses ibadah di sana.

Akhirnya, Pantai Losari kembali menjadi fungsinya sebagai kawasan untuk memandang laut lepas dan kawasan Lego-Lego kian dipadati pengunjung yang ingin mengakses kapal pinisi. Akan tercipta peningkatan volume belanja pengunjung di Kawasan Lego-lego dan sekitarnya. Kita juga berharap peruntukan taman di sisi utara CPI segera terwujud yang kelak akan berfungsi sebagai ruang publik baru untuk relaksasi, olahraga, dan view perairan Spermonde dimana tidak ada lagi bangunan atau utiliti lain yang mengambil hak publik. Semoga. (*)

News Feed